Home Sumsel Pagar Alam 268 RTLH di Pagar Alam dapat Bantuan BSPS

268 RTLH di Pagar Alam dapat Bantuan BSPS

23
0
SHARE

PAGAR ALAM, BS – Sebanyak 268 rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat berpenghasilan rendah yang tersebar di Kota Pagar Alam yakni Kecamatan Dempo Tengaj dipastikan akan mendapat bantuan rehab dari program bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2018.

Pjs Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Pagaralam, Parliansyah mengatakan, tahun lalu bantuan serupa juga telah dilakukan di dua kecamatan yakni, Kecamatan Pagaralam Selatan dan Dempo Utara.

“Alhamdulilah tahun ini kita kembali dapat bantuan serupa,” jelasnya, Rabu (3/1/2018).

Rehan rumah bagi warga kurang benuntung ini juga akan dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Totalnya ada 268 rumah yang akan direhab, dan sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di tiga kelurahan di Kecamatan Dempo Tengah, yaitu Candi Jaya, Jokoh, dan Pelang Kenidai. S,” ungkapnya.

Agar bantuan tepat sasaran, sambungnya, pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan pendataan dan verifikasi penerima bantuan.

“Penetapan by name by addres atau nama penerima bantuan BSPS, jika tak ada halangan sekitar Februari 2018 mendatang, akan di realisasikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Prasarana dan Sarana Umum Elisah Hastuti menambahkan untuk teknis kegiatan penyaluran dana BSPS, sedikit mengalami perubahan yang berpedoman Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.112/PMK.07/2017 sebagai pengganti PMK Nomor 20/PMK.07/2017 tentang pengelolaan keuangan dan dana desa.

BSPS tahun ini untuk penyaluran dananya melalui tiga tahapan.

“Jadi ada perubahan. Penyaluran dananya persentasenya 25-45-30%. Berbeda dengan pencairan kegiatan sebelumnya empat tahapan, 20-25-25-30%,” katanya.

Sementara itu, Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni menegaskan, bantuan untuk rakyat tidak mampu ini harus disalurkan sesuai aturan yang ada.

Jangan ada laporan pemotongan sehingga harus diawasi ketat.

“Bantuan ini harus disalurkan dan harus di awasi bersama agar keterbukaan dan transparan bisa di pertanggung jawabkan secara bersama,” katanya.(Belly Steven )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here