Home Headline Air Bersih Masuk Transmigrasi Batumarta

Air Bersih Masuk Transmigrasi Batumarta

33
0
SHARE

BATURAJA, BS – Warga Transmigrasi Batumarta Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tidak lama lagi akan menikmati fasilitas air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Baturaja

Pasalnya, saat ini guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten setempat PDAM Baturaja tengah menyusun persiapan untuk menambah wilayah perluasan air bersih.

“Wilayah yang akan lakukan pemasangan  air ledeng (air bersih) tahun 2018 PDAM Baturaja  adalah Trans Batumarta,” kata Direktur Utama (Dirut) PDAM Baturaja H. Abi Kusno, Jumat (20/10/2017).

Selama ini warga Batumarta untuk kebutuhan air bersih masih mengandalkan air sumur bor saat musim kemarau warga mengandalkan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Di Batumarta ada sumber mata air hanya saja berjarak 17 Km  dari permukiman warga, untuk itulah perluasan pelayanan air bersih tahun depan kawasan tersebut yang menjadi prioritas,” katanya.

Dikawasan itu nantinya, kata Abi, pihaknya akan membangun sebuah dermaga serta tempat Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang berkapasitas 60 liter kubik  perdetik.

“Cukup untuk menampung sekitar 5.000 pelanggan dan tambah dengan 17 ribu jumlah pelanggan kita yang sudah ada sekarang maka bisa di pastikan tahun depan kita bisa men target kan 2000 lebih pelanggan,” ungkapnya.

Pengaliran air bersih ini, katanya pihaknya mendapat kucuran dana sebesar Rp 70 mliar dari dari pemerintah pusat.

“Kita juga akan memakai APBD untuk dana pendamping,” jelasnya.(hend)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here