Akhirnya Deni Mau Kakinya di Amputasi

Akhirnya Deni Mau Kakinya di Amputasi

 

EMPAT LAWANG,BS – Deni Saputra (16) warga Desa Tanjung Ning Jaya Kecamatan Saling Kabupaten Empat penderita penyakit tumor ganas yang menyerang dibagian kaki sebelah kirinya, Senin (13/11/2017) dikunjungi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Empat Lawang Hj Endang.

Dijelaskan Endang, sebelumnya Deni sempat dirujuk ke rumah sakit di Palembang, hanya saja Deni pada saat itu menolak kalau kakinya harus di amputasi.

Padahal kata Endang, secara media amputasi menjadi jalan terakhir untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit yang diderita Deni.

“Sudah kita rujuk ke Palembang, tapi Deni sempat menolak untuk di amputasi, jadi kita pulangkan. Namun, sekarang Deni bersedia untuk mengamputasi kakinya. Jadi saat ini keperluan dan berkasnya sedang di urus,” ungkap Endang.

Selain itu, Endang juga mengatakan, kalau Deni akan difasilitasi dengan biaya BPJS, dari semua administrasi dan kelengkapan semuanya akan diurus pihaknya dan untuk saat ini, keluarga Deni juga diberikan sembako dan santunan sementara.

“Sudah kita urus semuanya, jadi Deni bisa langsung dibawa ke Palembang secepatnya,” tambah Endang.

Ditempat yang sama Dr.Andi Jaya selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Saling menuturkan, sebelumnya penyakit yang diderita Deni belum parah dan membesar seperti sekarang ini.

Pihaknya sudah menyarankan untuk di amputasi dengan alasan Tumor yang diderita Deni Tumor Tulang harus di Amputasi.

“Kenapa harus diamputasi Karna kanker yang diderita ialah Tumor tulang,pilihanya korban pilih jiwa atau kakinya di Amputasi,”tutur Dr.Andi.

Sementara itu, Suhardi (45) yang merupakan orang tua Deni, mengatakan awal mulanya kaki anaknya tersebut terbentur kayu, lalu di urut untuk menghilangkan sakit dikaki Deni.

Namun, bukannya membaik, kaki Deni malah terlihat semakin besar dan sulit digerakan.

“Awalnya terbentur kayu, lalu diurut, setelah diurut kakinya ini tambah bengkak,” kata Suhardi.

Dijelaskan Suhardi, kondisi kaki Deni kian parah saat dua bulan yang lalu.

Dan sudah berulang kali dibawa ke rumah sakit namun sampai saat ini kondisi Deni makin parah.

“Pernah dirawat Rumah Sakit Tebing, dirujuk ke Linggau, terus dibawa ke Palembang, waktu di Palembang dokter sudah ngomong kalau dia ini kena tumor ganas, kakinya harus dipotong (Amputasi), tapi Deni tidak mau, lalu kita bawa pulang,” jelasnya.(tok)

Related Posts

Leave a Reply