Home Palembang Badan Anak Sungai Tenang Kembali Tersambung

Badan Anak Sungai Tenang Kembali Tersambung

6
0
SHARE

PALEMBANG– Aliran anak Sungai Tenang yang tersumbat tepat dibagian tengah yang  melingkari perumahan Griya Asri dan Kampung Talang Jawa kawasan kelompok wanita tani Mekar Sari Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Palembang kembali mengalir dengan deras, Minggu (30/4/2017) setelah puluhan masyarakat dan pegawai dilingkungan Pemkot Palembang berjibaku melakukan gotong royong.

Pantauan dilapangan puluhan masyarakat dibantu TNI dan pihak kepolisia dengan alat seadanya  juga dibackup satu unit alat berat menyisir aliran sungai yang lebar kurang lebih dari dua meter tersebut untuk melakukan pengerukan dan mengakut sampah dari rumput liar yang menutup permukaan sungai.

Al hasil hanya dalam hitungan jam sungai yang tersumbat selama ini kembali bernafas lega.

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan, aliran sungai yang dulunya digunakan masyarakat ini hilang akibat tertimbun sampah dan kini kembali di fungsikan.

“Kalau kita tinjau anak Sungai Tenang ini bisa dikatakan menghilang,” kata Harnojoyo.

Ditegaskan Harnojoyo aliran anak Sungai Tenang ini kalau dilihat dari kondisi alamnya sangat penting sebagai jantungnya sumber air untuk persawahan masyarakat kelompok wanita tani Mekar Sari Talang Jawa.

“Dulunya petani disini bisa dua kali panen dalam satu tahun, untuk itulah kita kembalikan fungsi anak sungai ini,karena  aliran anak sungai untuk kebutuhan petani,” katanya.

Harno mencatat, Kota Palembang sangat terkenal dengan kemaritimannya, yang terhubung satu dengan yang lain oleh anak sungai, hanya saja 360 anak sungai yang ada sebagai jalur penghubung kini menghilang dan hanya tersisa 90 anak sungai.

“Kita akan mengembalikan sungai yang ada salah satunya dengan gotong seperti inilah,” tegasnya.

Hanya saja, kata orang nomor satu di Kota Palembang ini, masyarakat harus berperan aktif untuk berkomunikasi dengan pemerintah, baik untuk melaporkan sungai yang ada, ataupun aliran sungai yang tertimbun.

“Masyarakat harus aktif memberikan laporan kalau ada temuan anak sungai yang terusumbat,” tegasnya.(why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here