Balonbup di Kabupaten Ini Banyak Menyiksa Pohon

LAHAT,BS- Pemilihan kepala daerah Bupati Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tidak lama lagi akan dilangsungkan, para pendukung bakal calon  bupati pun berbondong-bondong melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pemasangan spanduk dan baliho.

Agar diketahui masyarakat banyak, para pendukung ada memasang spanduk dan baliho di persimpangan jalan di tengah kota, maupun yang terpasang dipohon tua yang ada disetiap jalan utama.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, Syamsulrizal Nusir Bsc mengatakan, banyak aturan yang ditabrak terkait sosialisasi pemasangan baliho calon bupati (balonbup).

Dalam aturan, Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 24/2017 diatur, alat peraga dilarang dipasang di masjid dan halaman, RSUD, pemerintah, sekolah, jalan protokol, sarana publik, taman dan perpohonan.

“Banyak pohon menjadi sasaran pemasangan Balonbup,” katanya, Selasa (8/8/2017).

Ia menjelaskan, agar semua balnbup yang melangar aturan untuk segera diturunkan.

“Karena belum masuk tahapan kampanye, jadi tidak bisa mengaturnya,” urai Syamsulrizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Perizinan, Drs H Ali Afandi MPdi mengutarakan, pasangan baleho di rumah ibadah, umum dan perkantoran sangat dilarang dan tidak diperbolehkan.

“Titik tertentu tidak diperbolehkan dipasang, di sarana umum, pemerintah, sepanjang Mayor Ruslan dari simpang tiga pasar lama sampai simpang tiga RSUD, seberang jalan disidin hingga simpang veteran, pada gedung perintah, TNI/Polri, monumen perjuangan di lahat, taman dan lampu hias dalam kota, melintang jalan, sekitar Masjid Al-Mutaqin Lahat, menghalangi arus lalin dan menutupi rambu lalin,” urainya.

Ia menuturkan, perbup tim penertiban reklamae dalam wilayah Lahat, dikemudian hari, demi keindahan mohon dimaklumi, ditempatkan lokasi tidak akan menjadi permasalahan.

“Seolah-olah tidak setuju dengan salah satu kandidat,” jelasnya.(ps)

Leave a Reply