Home Palembang Baru Menjabat Kadisdukcapil Edwin Ingin Bentuk UPT Disetiap Kecamatan

Baru Menjabat Kadisdukcapil Edwin Ingin Bentuk UPT Disetiap Kecamatan

22
0
SHARE

PALEMBANG,BS – Tiga hari menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Palembang Edwin Effendi langsung membuat terobosan baru.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdukcapil disetiap kecamatan di Kota Palembang mulai digagasnya sebagai bentuk peningkatan pelayanan dalam percepatan administrasi kependudukan.

“Keberadaan UPT itu sangat urgent dan perlu segera ada. Karena selama ini, meskipun ada petugas di Kecamatan hanya staff. Padahal keberadaan Disdukcapil di Kecamatan harus memiliki wewenang yang hampir sama, karena administrasi bukan hanya KTP,” jelasnya, Selasa (10/4/2018).

Namun untuk membentuk UPT inj, kata mantan Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Palembang ini, dibutuhkan proses yang cukup panjang.

“Akan kita segera diusulkan ke bagian Ortala, untuk meneruskannya ke persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang,” ungkapnya.

Edwin menerangkan, fungsi UPT nanti akan membackup tugas dari kantor Disdikcapil Palembang.

Dimana, berbagai kaitan administrasi seperti KTP, Kartu Keluarga (Kk) tetmasuk akte kelahiran, bisa diurus di UPT.

“Banyak tugas dan fungsi UPT nantinya. Bayangkan jika 1,8 juta jiwa penduduk Palembang jika melakukan pengurusan administrasi di kantor Disdukcapil, wajar jika sekarang antriannya cak ngembek beras,” ujarnya.

Pembentukan UPT juga sesuai dengan keinginan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait layanan administrasi kependudukan harus selesai satu jam.

Jika mihat kondisi sekarang, mana mungkin untuk menyelesaikan layanan administrasi dapat selesai satu jam.

“Setelah UPT ini terbentuk, kita akan segera membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) nya.

Jika memang tidak dapat diselesaikan pihak Kecamatan, maka wewenangnya akan dialihkan ke UPT,” tandasnya. (za)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here