Home Sumsel Pagar Alam Debat Publik Putaran Pertama Pilwako Pagaralam Berjalan Sukses

Debat Publik Putaran Pertama Pilwako Pagaralam Berjalan Sukses

37
0
SHARE

PALEMBANG,BS – Komisi Pemilihan Umum Kota (KPU) Pagaralam menggelar debat publik putaran pertama pemilihan Walikota (Wako) dan WakilWalikota (Wawako) Pagaralam di aula serbaguna SDN 74 Model Gunung Gare, Selasa (27/3/2018). Hadir dalam kegiatan ini tim pemenangan enam Paslon, komisioner beserta jajaran sekretariat KPU, Asisten I Pemkot Pagaralam Rahmad Madroh, Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono, Kejari Pagaralam, serta unsur  Kepala SKPD.

Dipimpin moderator Hj Wenny Ramdiastuti, debat publik putaran pertama Pilwako Pagaralam menghadirkan tiga panelis dari Unsri yakni Prof Didik Susetyo, Dr Ardyan dan Dr Febriyan dan diikuti enam Paslon yakni Hermanto-Musabaqo, Alpian-Faldi, Ida-Arman, Novirzah-Suharindi, Ludi-Fachri dan Gunawan-Febri.

Debat dibagi menjadi enam segmen. Pada segmen pertama secara bergantian Paslon menyampaikan visi dan misinya. Setelah itu visi dan misi dipertajam dengan diberikan pertanyaan yang harus dijawab seluruh Paslon.

Segmen selanjutnya adalah pertanyaan seputar isu faktual yang terjadi di Pagaralam. Dilanjutkan ke segmen Paslon bertanya kepada Paslon lain yang ditentukan moderator.

Segmen selanjutnya, Paslon mengajukan pertanyaan dan ditanggapi Paslon lainnya. dan diakhir segmen ditutup dengan closing statement alias pernyataan terakhir.

Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi mengungkapkan, debat publik merupakan momen penting. Yang mana dalam forum debat publik inilah, pasangan calon (Paslon) dapat menyampaikan visi dan misi serta program kerjanya.

“Debat ini merupakan ajang adu program. Tunjukkan bahwa visi dan misi yang diusung adalah yang terbaik,” ujar Yenli.

Yenli berharap debat publik ini menjadi sarana pendidikan politik bagi masyarakat Pagaralam. Sehingga masyarakat semakin cerdas dan dewasa dalam menentukan pilihan.

“Mari kita tunjukkan bahwa Pilkada Pagaralam dapat berjalan damai. Kita tepis anggapan bahwa Pilkada Pagaralam rawan konflik,” tutup Yenli. (adv/aceng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here