Home Peristiwa Didepan Tugu Belido, Ribuan Anak Ikan Belido Dilepas di Sungai Musi

Didepan Tugu Belido, Ribuan Anak Ikan Belido Dilepas di Sungai Musi

33
0
SHARE

 

PALEMBANG,BS – Usai meresmikan tugu Belido di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Minggu (11/2/2018) Walikota Palembang H.Harnojoyo didampingi Direktur Utama (Dirut) PTBA, Arviyan Arifin melepas ribuan benih ikan Belido di Sungai Musi.

Walikota Palembang H.Harnojoyo mengatakan, jangan hanya memiliki ikonnya saja dengan tugu ikan Belido yang berdiri megah di pelataran BKB, namun tidak ada ikannya didalam air Sungai Musi.

“Gotong royong membersihkan sungai itu sangat sejalan dengan penebaran benih ikan, kalau sungainya kotor bagaimana ikannya bisa hidup,” kata Harnojoyo.

Sungai yang bersih, penebaran benih ikan akan berhasil, begitu juga sebaliknya jika sungainya kotor penebaran benih ikan akan menjadi sia- sia.

“Selain gerakan moral, gotong royong ini kami lakukan agar sungai di Palembang berfungsi lagi seperti dulu. Jika sungainya bersih, tidak ada lagi limbahnya, maka ikan Belido yang menjadi habitat asli Sungai Musi, kembali lagi seperti dulu,” terangnya.

Keberadaan tugu Belido di pelataran BKB, tidak hanya sebagai ikon. Tapi sebagai penanda jika sungai Musi selama ini kaya akan populasi ikan Belido yang telah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Dulu banyak yang memanfaatkan ikan Belido. Tidak hanya untuk makan sehari-hari tapi juga untuk pembuatan pempek yang dapat dijual. Kedepan kami ingin ikan Belido kembali banyak di Sungai Musi,” ulasnya.(za)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here