Ditjen Pajak Sumel Babel Umumkan Pemenang Lelang Serentak

Ditjen Pajak Sumel Babel Umumkan Pemenang Lelang Serentak

PALEMBANG, BS – Dalam rangka melaksanakan penegakan hukum di bidang perpajakan dan untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak, Senin (4/9), 6 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Lingkungan Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung melakukan lelang serentak atas aset sitaan Wajib Pajak.

Lelang adalah proses terakhir dalam penegakan hukum pajak, sesuai dengan Undang-undang nomor 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa, bahwa Penagihan Pajak adalah serangkaian tindakan agar Penanggung Pajak melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak.

Kepala Kanwil DJP Sumsel Babel M. Ismiransyah M. Zain mengatakan proses penagihan mulai darimenegur, memperingatkan, melaksanakan penagihan seketika dan sekaligus, memberitahukan Surat Paksa, mengusulkan pencegahan, melaksanakan penyitaan, melaksanakan penyanderaan dan menjual barang hasil sitaan.
Pelaksanaan lelang dilakukan secara online dengan sistem Closed Bidding.

Penetapan pemenang dilakukan di Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan oleh Pejabat Lelang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang. Adapun lelang aset sitaan Wajib Pajak yang berhasil dilakukan adalah motor dengan harga Rp. 5.150.000,- dan mobil dengan harga Rp. 14.100.000

Tindakan penagihan sampai dengan lelang akan terus dilakukan, sebagai bentuk penegakan hukum pajak agar masyarakat Wajib Pajak dapat lebih patuh dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya. Untuk menghindari tindakan penagihan aktif berupa penyitaan aset Wajib Pajak, pemblokiran harta kekayaan Wajib Pajak, lelang aset sita, pencegahan bepergian ke luar negeri dan gijzeling (penyanderaan) dihimbau kepada para Wajib Pajak untuk segera melunasi utang pajaknya. (ONE)

Related Posts

Leave a Reply