Eksavator PDAM Uji Coba Keruk Kolam Retensi

Eksavator PDAM Uji Coba Keruk Kolam Retensi

 

PALEMBANG,BS – Satu unit Amphibi eksavator bantuan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang, Rabu (22/11/2017) melakukan uji coba pengerukan kolam retensi Kambang Iwak.

Eksavator yang memiliki daya angkut seberat 14 ton ini akan dioperasikan untuk melakukan pengerukan kolam retensi dan kali kecil yang mengalami sedimentasi yang sulit dijangkau alat berat yang kelamaan tidak mampu lagi menahan debit air saat hujan turun.

Walikota Palembang H.Harnojoyo mengatakan, akan sangat terbantu dengan adanya alat berat tersebut untuk menjangkau tempat- tempat tumpukan sampah yang sulit dilakukan.

“Dengan adanya alat ini bisa menjadi solusi mengatasi sampah di sungai-sungai dan kolam kita,” kata Harnojoyo.

Enaknya lagi, sedimentasi ditengah kolam atau ditengah kali yang kecil tidak ada lagi menemui hambatan.

“Karena alat ini bisa mengapung di air, layaknya amfibi sungguhan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Musi Palembang Cik Mit menjelaskan, pihaknya kembali akan menganggarkan untuk pembelian amphibi eksavator yang lebih kecil untuk menjangkau tempat – tempat yang sulit dilalui untuk melakukan pengerukan sampah.

“Saat ini kita baru adakan ukuran besar kapasitas 14 ton, bisa mengeruk sampah dan lumpur di kolam retensi, kedepan alan kita anggarkan lagi yang lebih kecil, kapasitas 7 ton agar bisa masuk ke sungai-sungai kecil di Palembang,” jelas Cik Mit(za)

Related Posts

Leave a Reply