Etape Pertama IMT, Empat Lawang Promosikan Potensi Wisatanya

Etape Pertama IMT, Empat Lawang Promosikan Potensi Wisatanya

 

EMPAT LAWANG,BS – Internasional Musi Triboatton (IMT) 2017 kembali di gelar, sama seperti tahun sebelumnya, Kabupaten Empat Lawang menjadi lokasi etape pertama.

Start etape pertama yang dipusatkan di Pantai Terusan, Desa Terusan Lama, Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (8/11/2017) arus sungai yang deras sebagai tantangan arum jeram menjadi daya tari Kabupaten Empat Lawang memprosikan wisatanya.

Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mengatakan, event IMT merupakan event tahunan.

Start selalu dilaksanakan di Empat Lawang karena ulunya Sungai Musi sedangkan finish berada di Palembang.

“Kita harus berbangga karena Empat Lawang merupakan ulu atau pangkal Sungai Musi. Mari lestarikan sungai terbesar di Sumsel ini karena banyak manfaatnya, salah satunya perlombaan IMT ini,” ujar Syahril.

Syahril juga menjelaskan, selain lomba rafting juga diadakan lomba serapungan yang merupakan perlombaan khas Kabupaten Empat Lawang.

“Perlombaan serapungan ini, pesertannya berhanyutan di Sungai Musi hanya menggunakan dua batang bambu. Serapungan ini harus kita lestarikan juga karena ciri khas Empat Lawang,” harapnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi menambahkan, selain IMT juga diadakan lomba serapungan, lomba melukis dan mewarnai untuk anak-anak, pameran makanan khas Empat Lawang dan perekaman KTP-el bagi warga yang belum perekaman.

“IMT ini merupakan ajang mempromosikan dan mengembangkan daya pikat wisata yaitu wisata air di Sumsel pada umumnya dan Kabupaten Empat Lawang khususnya dan juga menggerakkan ekonomi rakyat di jalur yang dilalui peserta,” katanya.

Sementara itu juga, perlombaan di etape pertama ini hanya memperlombakan rafting atau arung jeram dengan peserta sebanyak 10 tim.

Tim dari tuan rumah yakni Sumsel I (PPHRI) hanya mampu finish di posisi tiga dan tim Sumsel II di posisi tujuh.

Sedangkan juara satu di etape pertama yakni tim Sumbar dan disusul oleh tim Jabar di posisi kedua.

Peserta asing dari negeri Jiran Malaysia dan Brunei Darussalam belum mampu menaklukkan Sungai Musi yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel), mereka finish di posisi buncit.

Ada tiga dari negara tetangga tersebut yakni tim Malaka Malaysia finish di posisi delapan, disusul Malaysia Kuala Lumpur posisi sembilan dan tim Brunei Darussalam finis di posisi sepuluh. (Tok)

Related Posts

Leave a Reply