HUT ke-43, PT SB Dihadiahi Aksi Warga

HUT ke-43, PT SB Dihadiahi Aksi Warga

BATURAJA,BS – PT. Semen Baturaja hari ini, Selasa (14/11/2017) merayakan Hari ulang tahun (HUT) ke- 43.

Tidak seperti biasanya warga yang bersebelahan dengan aktifitas pabrik semen terbesar di Sumatera ini merayakan dengan suka cita, melainkan menagih janji yang di janjikan pihak management dengan cara aksi mendatangi PT Semen Baturaja.

Massa yang tergabung dari warga ring I Desa Pusar, Tanjung Agung, Air Gading, Talang Jawa dan Saung Naga, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) juga diikuti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Indonesia Madani (Indoman) dan LSM Indonesia Sosial Kontrol (ISK).

Koordinator aksi Subianto mengatakan, warga menuntut janji yang diberikan kepada warga yang hingga saat ini belum mendapat jawaban pasti dari pihak PT Semen Baturaja.

“Tuntutan warga pernah dibahas dalam pertemuan kecil, hanya saja belum juga direalisasikan,” tegas Subianto, Selasa (14/11/2017).

Sangat wajar, katanya hasil pertemuan tersebut tak kunjung tuntas, lantaran pihak management PT Semen Baturaja hanya mengirimkan perwakilannya Kepala Keamanan Kompol Dede Juanda Ar anggota polri dari Polda Sumsel, bukan pihak yang berkompeten mengambil keputusan.

Adapun tuntutan yang pernah disampaikan, kata  Subianto, bidang kesehatan yang selama ini aktifitas debu semen membuat warga sakit saluran pernapasan.

Dan juga warga mempertanyakan legalitas 39  tenaga kerja yang sampai saat ini belum mendapat jawaban.

“Belum lagi, aktifitas peledakan saat pengambilan bahan baku di tambang PT Semen mengakibatkan rumah warga retak-retak,” katanya.

Parahnya lagi, katanya pembelian lahan warga  untuk pembangunan pabrik ke 2 PTSB.

“Dijanjikan jika warga menjual lahannya, pihak management akan merekrut 60% warga tersebut untuk di terima bekerja di PTSB namun kenyataannya sampai sekarang tidak ada,” tegasnya.

Subianto menambahkan,  jika pihak PT tidak memenuhi permintaan warga, maka akan melakukan aksi demonstrasi, meskipun hari ini bertepatan pada hari jadi HUT PT. Semen Baturaja.

Sementara itu, pihak perwakilan Pt Semen Baturaja yang diwakilkan Kepala Keamanan PT Semen Baturaja Kompol Dede Juanda mengatakan,belum bisa menerima aspirasi warga lantaran ada acara HUT PT Semen Baturaja.

” Kami mohon maaf dan mohon pengertiannya bukan kami tidak mau menanggapi tapi karena hari ini pihak pimpinan dan direksi sedang sibuk karna hari ini sedang berlangsung acara memperingati HUT PTSB dan tentu nya merekapun sedang fokus kesana, ” kata dede.(hend)

Related Posts

Leave a Reply