Ikan Belido Dipotong Menjadi Tiga Bagian Diangkut Menuju ke Palembang

Ikan Belido Dipotong Menjadi Tiga Bagian Diangkut Menuju ke Palembang

PALEMBANG,BS – Proses pembuatan tugu raksasa Ikan Belido di pulau Jawa oleh seorang seniman Boyolali secara perlahan mulai rampung diselesaikan.

Ikan khas sungai air tawar yang memiliki ukuran tinggi 13 meter dan lebar 1,5 meter direncanakan akan tiba di Kota Palembang pada 21 Juli mendatang, yang akan langsung dipasang untuk menambah kecantikan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

“ Karena terlalu tinggi dan besar, patung ini dipotong menjadi tiga bagian, kemudian akan dirakit kembali, setelah tiba di Palembang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh,Jumat (14/7/2017).

Pengankutan tugu yang mengunakan jalur darat ini, kata Sudirman setiba di Palembang, pemasangannya nanti dibutuhkan waktu selama tiga hari.

“Kalau pondasinya sudah siap, tingga memasang tugunya saja,” jelasnya.

Nantinya, dilokasi pembangunan setelah selesai dirampungkan pemasangannya, pihaknya akan menempatkan petugas untuk menjaga keamanan.

“Disekitar lokasi patung bakal dibangun pos pengamanan, yang dijaga oleh satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP). Serta, untuk menambah keindahan, patung ini akan dilengkapi dengan efek lighting,” ungkapnya. “

Maka, jika telah terpasang, patung ikan belido ini nantinya bukan sekedar sebagai landmark atau ikon saja, namun untuk mengabadikan ikan khas Sungai Musi ini.

“Ikan belida adalah ikan asli Sungai Musi, kini terancam punah, maka kita abadikan dalam bentuk patung,  selain juga upaya untuk membudidayakannya,” jelas Sudirman.

Ditambakannya, Pemerintah Kota Palembang pun berencana membangun ikon-ikon lain, yakni Tugu Cempako Telok di simpang Polda Sumsel dan  Wellcome Palembang di Simpang Bandara, namun semua itu menunggu peran  dari pihak ke tiga, yang bersedia membantu mengunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR). (za)

Related Posts

Leave a Reply