Ini Alasanya Kenapa Banyak yang Dukung Harnojoyo

Ini Alasanya Kenapa Banyak yang Dukung Harnojoyo

PALEMBANG, BS – Memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palembang, sejumlah calon yang akan maju di ajang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, mulai menunjukkan eksistensinya. Berbagai cara dilakukan, agar popularitas dapat naik, sehingga dapat berdampak pada elektabilitas.

Beberapa nama masuk dalam perhitungan berdasarkan kajian sejumlah lembaga survey. Namun, seperti apa dan siapa calon pemimpin yang paling diinginkan masyarakat, inilah tiga besar, nama yang paling diinginkan masyarakat Kota Palembang, untuk maju pada Pilkada Kota Palembang.

Pertama, ada nama Harnojoyo, calon Walikota Palembang ini, menjadi calon pemimpin yang paling populer di kalangan masyarakat Kota Palembang. Hal itu berdasarkan dari data beberapa lembaga yang berhasil dihimpun, seperti hasil survey dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan beberapa lembaga lain seperti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Peneliti senior SMRC Djayadi Hanan menyampaikan, tingkat kepuasan terhadap Harnojoyo, masih menempatkannya pada posisi tertinggi sebagai kepala daerah.

“Angka kepuasan terhadap Kepemimpinan Harnojoyo sebagai Walikota Palembang, di angka 79%, dan jika Pilkada dilakukan sekarang, maka nama Harnojoyo akan kembali terpilih kembali sebagai Walikota Palembang,” jelasnya.

Kesuksesan Harnojoyo tersebut, diketahui karena komitmennya dalam melaksanakan semua program. Termasuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan masyarakat.

Tidak hanya akan mendapat dukungan penuh masyarakat Kota Palembang, calon petahana, Harnojoyo juga mendapat dukungan penuh dari hampir seluruh Partai Politik.

Hasil survey yang dilakukan Skala Survey Indonesia (SSI), dari pertanyaan terbuka atau top of mind 10 calon, Harnojoyo mendapat dukungan masyarakat sebesar 49,55%, sementara pesaingnya ada nama Sarimuda dengan dukungan 21,69% disusul nama Fitrianti Agustinda 5,45%.

Selanjutnya, ada nama Abdul Rozak sebesar 3,18%, Mularis Djahri 2,50%, Lury Eliza Alex Noerdin 1,36% dan beberapa nama lain.

Tidak hanya dari hasil survey SSI, hasil yang sama diberikan lembaga survey Rekode, yang biasa dipakai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Meski belum memberikan dukungan secara pasti, partai pemenang berlambang banteng ini diketahui sudah menerima hasil survey yang akan menjadi salah satu dasar untuk memberikan dukungannya.

Dimana, berdasarkan kajian lembaga tersebut, nama Harnojoyo menjadi tokoh yang paling dipanuti. Dari pertanyaan terbuka, nama tersebut mendapat persentase sebesar 34,9%, posisi kedua ada nama Alex Noerdin 12,3%, Eddy Santana Putra 7,7% dan posisi keempat Sarimuda 6,6%.

Sementara untuk calon Walikota yang diinginkan nama Harnojoyo masih berada pada posisi puncak dengan besaran 64,2% dan nama Sarimuda tetap membayangi dengan besaran 34,6%.

Ketua Dewan Pimpinam Daerah (DPD) PDIP Sumsel, HM Giri Ramandha N Kiemas membenarkan jika lembaga survey yang dipakai pihaknya tetap memakai Rekode.

“Sesuai Arahan DPP, kita pakai Rekode untuk survey,” jelasnya.

Giri menerangkan, untuk dukungan pada Pilkada serentak 2018 mendatang, salah satunya adalah hasil survey, berdasarkan petunjuk dari DPP.

“Kita belum dapat memastikan, karena untuk rekomendasi berdasarkan kajian teknis tim DPP berdasarkan masukan dari DPP dan survey,” ungkapnya.(za)

Related Posts

Leave a Reply