Home Headline Ini Fakta Dibalik Kampung Mural Oeng Boen Tjit

Ini Fakta Dibalik Kampung Mural Oeng Boen Tjit

19
0
SHARE

PALEMBANG,BS – Banyak situs bersejarah di Kota Palembang yang bahkan penduduk aslinya belum mengetahui hal tersebut, salah satunya lokasi yang menjadi destinasi wisata untuk berswafoto yakni Kampung Mural Boen Tjit.

Sekretaris Umum Masyarakat Sejarah Indonesia (MSI) Cabang Sumsel Kemas A R Panji MSi mengatakan, kawasan Sekanak Kerihin atau Sekanak Tempo Dulu itu sendiri adalah kawasan yang terletak antara Sungai Sekanak ke arah Jalan Depaten hingga Jalan Gede Ing Suro, yang mempunyai nilai sejarah diera Kesultanan Palembang Darussalam, hingga era Kolonial Belanda dan juga memiliki bangunan-bangunan tua yang berusia lebih dari 50 tahun.

Salah satunya Pasar Sekanak yang dibangun pada 1822. Ada juga bioskop tertua di Palembang, yaitu Bioskop Rex, gedung kantor Van Jacobson Van Den Berg & Co yang berada di Simpang Sekanak. Kemudian, Gudang Oeng Boen Tjit, Gudang Rokok Commodore dan masih banyak lagi.

“Kawasan destinasi Tepian Sekanak Bersolek dan Kampung Mural Boen Tjit itu awalnya adalah perumahan Kesultanan Palembang Darussalam pada masa pemerintahan Belanda. Kemudian menjadi gudang tempat usaha pedagang tersohor di Palembang pada masanya yakni Oeng Boen Tjit, pedagang keturunan Tionghoa. Oleh sebab itulah nama Kampung Depaten berubah menjadi Kampung Oeng Boen Tjit yang kini dikenal dengan Kampung Mural Oeng Boen Tjit,” jelasnya melalui ponselnya, Sabtu (3/2).

Dulu, kenang dia, saat pemerintahan Belanda lah etnis Tionghoa baru boleh bermukim di daratan, sebelumnya pada era kesultanan mereka hanya diperbolehkan tinggal di atas rakit.

“Sejak kebijakan itulah, etnis Tionggoa menyebar di Palembang dan bisa dilihat dari berbagai peninggalan dan kebudayaannya yang melekat di sini,” tutup pengamat sejarah ini. (martin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here