Home Sumsel Empat Lawang Kejahatan Jenis Ini Dominasi Kriminalitas di Empat Lawang

Kejahatan Jenis Ini Dominasi Kriminalitas di Empat Lawang

9
0
SHARE

EMPAT LAWANG, BS – Menutup tahun 2017 sejumlah data baik dari tindak pidana kriminal dan juga tindak pidana penyalahgunaan Narkotika mulai direkapitulasi guna laporan akhir tahun. Hal ini juga yang tengah dilakukan jajaran Polres Empat Lawang, Kamis (28/12)

Dari data yang berhasil dihimpun, terdapat beberapa kasus kriminalitas yang sangat menjadi sorotan pihak Polres Kabupaten Empat Lawang. Pasalnya tindak kriminal yang sangat tinggi di dominasi oleh kejahatan jenis 3C yakni pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian disertai kekerasan (Curas), dan juga pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Lain halnya dengan tindak pidana penyalahgunaan narkotika, jajaran Polres Empat Lawang berhasil mengungkap sebanyak 30 kasus dan 3 diantaranya merupakan pengungkapan ladang ganja disejumlah daerah di Kabupaten Empat Lawang.

Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan melalui Kepala Bagian Operasional Polres Empat Lawang Kompol Sukarminto mengatakan, tingginya tingkat kriminalitas yang terjadi disinyalir dengan adanya beberapa faktor

“Seperti lingkungan masih sepi, ekonomi rendah karena penghasilan pertanian menurun, dan tentunya nilai-nilai agamanya yang masih minim tertanam dalam diri,” ujar Kompol Sukarminto didampingi Kasubag Pengadaan Iptu Hermanto, Kamis (28/12)

Sukarminto juga mengatakan para pelaku kejahatan bukan hanya penduduk Empat Lawang saja, namun ada juga para pelaku dari luar daerah.

“Yang sangat disayangkan sebagian para pelaku masih remaja bahkan ada yang dibawah umur, para pelaku juga ada yang datang dari luar daerah,” tuturnya

Berdasarkan hasil rapat evaluasi dari pihak Polisi Daerah (Polda) Sumatera-Selatan per 3 bulan sekali, tingkat kriminal yang terjadi di Kabupaten Empat Lawang ini masuk dalam urutan ke dua terakhir dari seluruh Polres yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

“Kita juga sangat menyayangkan pola masyarakat yang kurang tepat dalam menggunakan media sosial (Medsos, red) yang terkesan membesarkan-besarkan setiap peristiwa kejahatan yang terjadi,” bebernya.

Untuk itu, Sukarminto menghimbau untuk para masyarakat Kabupaten Empat Lawang agar bijaksana dalam menggunakan medsos dan tentunya harus berhati-hati guna menghindari kejahatan yang setiap saat bisa saja terjadi

“Hendaklah masyarakat yang harus lebih berhati-hati, kejahatan itu bisa saja terjadi karena adanya kesempatan,” pungkasnya. (Bot)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here