Kemenag Sumsel Pastikan Stok Buku Nikah Cukup Hingga Akhir Tahun

Kemenag Sumsel Pastikan Stok Buku Nikah Cukup Hingga Akhir Tahun

PALEMBANG,BS – Meski sempat mengalami kekosongan stok buku nikah dalam beberapa bulan akhir ini,  namun kini Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan kebutuhan stok buku nikah hingga akhir tahun 2017 ini sudah tercukupi. Kepala Kemenag Sumsel, Saefudin menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan retribusi kebutuhan stok buku nikah ini dari pusat.

“Kemarin itu iya sempat kosong. Tapi sekarang sudah aman, dengan kata lain kebutuhan stok buku nikah untuk Kota Palembang dan seluruh kabupaten/kota di Sumsel insha allah bisa dipenuhi, ” katanya, saat dihubungi, Kamis (16/11).

Terkait adanya keluhan beberapa masyarakat yang telah melaksanakan pernikahan dalam beberapa bulan terakhir ini, namun masih belum mendapatkan buku nikah resmi dari Kantor Urusan Agama (KUA), Saefudin mengatakan, pihak KUA bisa langsung mendatangi Kemenag Sumsel untuk mendapatkan buku nikah.

“Buku nikah sudah ada. Kalau memang benar demikian (ada keluhan). Kami minta KUA ambil buku nikah di Kemenag Kota masing-masing, ” jelasnya.

Diketahui, stok buku nikah untuk Kota Palembang sendiri mencapai 26.000 dari total 130.000 buku nikah untuk 17 kabupaten/kota di Sumsel. Dimana hal ini disesuaikan dengan jumlah penduduk dan usia. Seperti diketahui, Kota Palembang merupakan kota yang paling padat penduduk di Sumsel.

“Jadi kebutuhan dan stok buku nikah itu disesuaikan. Jadi, kalau mau nikah sekarang jangan takut lagi tidak dapat buku atau buku nikahnya tertunda. Sebab stoknya sudah ada, jadi aman, ” katanya.(ria)

Related Posts

Leave a Reply