Ketika Rumput Liar dan Sampah Diusir dari Sungai Kedukan

Ketika Rumput Liar dan Sampah Diusir dari Sungai Kedukan

 

PALEMBANG,BS – Satu bulan terakhir rumput liar dan tumpukan sampah plastik berjejal dan membusuk menutupi permukaan saluran anak Sungai Musi, Sungai Kedukan.

Sungai Kedukan yang dikeliling warga Rt 17 Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Jakabaring Kota Palembang ini berubah seketika setelah dua jam jajaran Pemerintan kota ( Pemkot) Palembang dibantu warga setempat berjibaku melakukan gotong royong untuk mengembalikan pungsi anak sungai tersebut.

” Kalau sungainya sudah bersih, kami juga malu Pak kalau masih buang sampah ke sungai,” kata Wati warga setempat yang tinggal dibibir Sungai Kedukan, Minggu (22/10/2017) saat gotong royong bersih anak sungai.

Wati yang selama ini mengandalkan Sungai Kedukan sebagai tempat sampahnya, sedikit terkesima setelah sungai yang selama ini menjadi pemandangannya dipenuhi rumput liar dan sampah kembali terlihat aliran air yang mengalir didepan rumahnya.

“Pastinya senang kalau sungai ini sudah kembali bersih,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mustofa yang memimpin gotong royong dilokasi tersebut, mengatakan Walikota Palembang H. Harnojoyo menginginkan dalam satu rangkaian kegiatan gotong-royong, selain membersihkan lingkungan yang dapat dirasakan masyarakat juga memberikan pelayanan umum yang dibutuhkan masyarakat.

“Jadi efek dari program gotong-royong yang dilakukan Pak Walikota ini harus benar-benar terasa oleh masyarakat, misalnya sungai kembali pada fungsinya, selain itu dalam lokasi tersebut hadir pelayanan umum,seperti kesehatan dan lainnya” jelas Harobin.(za)

Related Posts

Leave a Reply