Home Sumsel Pagar Alam Kualitas Guru, Faktor Penting Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kualitas Guru, Faktor Penting Tingkatkan Kualitas Pendidikan

74
0
SHARE

PAGARALAM,BS– Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam Drs,Marjohan Dera,Spd,Mpd, terus melakukan mutu pendidikan di kotanya.

Formulasi baru, melakukan proses pematangan kualitas peserta didik yang dikembangkan dengan cara membebaskan peserta didik dari ketidaktahuan, ketidakmampuan, ketidakberdayaan, ketidakbenaran, ketidakjujuran, dan dari buruknya akhlak dan keimanan.

“Pendidikan yang bermutu lahir dari sistem perencanaan yang baik dengan materi yang baik pula,” katanya , Kamis (1/2/2018) saat dijumapi beritasumatera diruang kerjanya.

Menurut Marjohan, materi pelajaran yang baik harus dilakukan guna mencapai pendidikan yang bermutu ialah materi pelajaran yang dirasakan manfaatnya oleh peserta didik, baik dirasakan langsung maupun kemudian hari.

“Materi pelajaran tersebut harus memberikan wawasan yang bersifat meningkat secara terus-menerus, materi pelajaran tersebut harus memberikan semangat,motivasi,dan kreativitas berpikir bagi peserta didik,” jelasnya.

Tidak kalah pentingnya, perencanaan pendidikan yang baik tidak hanya dimaksudkan untuk menetak dan mempersiapkan masa depan peserta didik agar mereka dapat hidup dengan baik di zamannya.

“ Tata kelola yang baik adalah sistem tata kelola dengan menggunakan prinsip-prinsip yang bersifat komprehensif, artinya pembangunan pendidikan bukan meningkatkan anggaran saja tapi juga memperhatikan kualitas guru budaya belajar peserta didik, sarana prasarana belajar, managemen pendidikan , kebijakan dan program, serta produk dan daya dukung lingkungan,” ungkapnya.

Nah, tata kelola pendidikan dilakukan dengan memperhatikan keterkaitan antar fungsi dan peran antar komponen yang satu dengan yang lain.

“Selain itu sistem tata kelola juga harus berkesinambungan, artinya memperhatikan prinsip keseimbangan antara kekuatan satu komponen dengan komponen lainnya,” tegasnya.

Tenaga pendidikan sedniri, juga harus bermutu. Guru yang bermutu paling tidak harus menguasai materi ajar, metodologi, sistem evaluasi, dan psikologi belajar.

“Guru yang baik bukan sekadar guru yang pintar, tapi guru yang memintarkan peserta didik. Guru yang baik bukan sekadar guru yang berkarakter, tapi guru yang mampu membentuk karakter yang baik bagi peserta didiknya,” katanya.( Belly steven)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here