Home Sumsel Pagar Alam Libatkan Ortu Mendidik Anak

Libatkan Ortu Mendidik Anak

51
0
SHARE

 

PAGARALAM,BS – Guru dan orang tua perlu menjalin kerja sama yang kuat dalam memaksimalkan pendidikan anak, baik di sekolah maupun di rumah.

Komunikasi di antara keduanya haruslah lancar untuk memantau setiap perkembangan anak.
“Peranan orang tua juga sangat penting dalam mendidik anak di sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam, Drs Marjoha Dera,Mpd Senin (5/2/2018).

Menurtnya,semua anak memiliki otak yang super dan berpeluang menjadi cerdas.
Hanya saja kendala yang selama ini dirasakan anak saat belajar dari TK ke SD ke SMP ke SMA sebenarnya diakibatkan adanya perubahan metode belajar dari bermain menjadi menghafal, dari menghafal.

“Disini letak peranan penting orang tua,” tegasnya.

Guru yang terbaik itu, katanya adalah orang tua, sejak anak usia bayi, kanak-kanak sampai anak usia remaja.

“Orang tua lebih memahami karakter, dan cara berpikir anaknya dari siapa pun juga. Namun orang tua harus memahami bagaimana cara mengajarkan anak dengan lebih baik dan menyenangkan karena semua anak berpotensi menjadi genius pada saat mereka dapat melakukannya sendiri dengan baik. Mind Map adalah Alami dan bekerja sesuai dengan cara otak bekerja melalui imajinasi dan asosiasi yang membuat anak mengingat dan mengerti apa yang dipelajari dengan mudah. Peningkatan kreativitas dibutuhkan suatu lingkungan pemikiran otak yang dapat membebaskan cara pikir sinergi otak,” ungkapnya.

Otak, dijelaskannya, berpikir secara linier tetapi memancar keluar seperti kembang api dan masing-masing memiliki warna dari cahaya yang indah, hal ini akan membuat anak mampu belajar sendiri dengan cerdas dan kreatif.
“Dari rumah orang tua ikut menjadi bagian penting,” katanya.(Belly steven)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here