Home Sumsel Mari Mendaftar! Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Buka Diklat Lisensi Gratis

Mari Mendaftar! Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Buka Diklat Lisensi Gratis

65
0
SHARE
Suasana pengenalan program lisensi gratis oleh BP3 Kota Palembang kepada Kadisdik Sumsel Widodo. Foto/tj

Palembang – Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Palembang memfasilitasi lulusan SMA/SMK/MA di Sumsel untuk mendapat lisensi 24 paket keahlian bidang penerbangan gratis.

Hal ini diungkapkan Kepala BP3 Kota Palembang M Andra saat memperkenalkan program tersebut kepada Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (8/1). Pihaknya membuka Program Diklat untuk 24 paket keahlian bidang penerbangan. Program ini sendiri diakuinya merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melalui Kementerian Perhubungan RI.

“Ini tahun kedua program ini berjalan. Dengan kuota 2705 orang,” jelasnya di ruang kerja Kadisdik Sumsel Widodo.

Diakuinya, sosialisasi mengenai program ini memang belum maksimal. Oleh sebab itu, saat ini pihaknya menggaet pihak Disdik sumsel untuk menyiapkan baik alumni dan calon lulusan SMA/K tahun ajaran 2017/2018 ini.

“Kami coba memberikan kesempatan kepada siswa tingkat akhir untuk mengembangkan kompetensi di bidang penerbangan,” katanya.

Ia menambahkan, dalam 24 paket keahlian ini pihaknya mengunggulkan program Pramugari. Ada pun syarat utamanya untuk setiap program ialah dari keluarga pra sejahtera, SKCK, Surat Keterangan Sehat dan lain sebagainya. Pendaftarannya sendiri dimulai pada Februari hingga Desember, serta syarat lainnya dapat di lihat di Kantor BP3 Palembang di jalan Takang Betutu.

“Ini semua gratis biaya pendaftaran dan pelatihannya. Khusus pramugari minimal tinggi 163 CM dan berpenampilan menarik,” sambungnya.

Selain itu, lanjut dia, selama mereka menjalani diklat maka mereka akan tinggal di asrama. “Tahun lalu ada 145 peserta diklat dan 70 persen diantaranya diterima di beberapa bandar udara dan maskapai penerbangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Sumsel Widodo menyambut baik adanya program pelatihan bagi siswa tingkat akhir maupun baru lulus SMA. Menurut dia, program ini bisa membantu mengurangi pengangguran bagi siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. “Kami sangat mengapresiasi program ini dan akan melakukan sosialisasi kepada seluruh SMA di Sumsel,” pungkasnya. (Tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here