Home Ekonomi & Bisnis Meski Sudah Beroperasi, Izin Transmart Masih Diributkan, Ini Alasanya

Meski Sudah Beroperasi, Izin Transmart Masih Diributkan, Ini Alasanya

48
0
SHARE

PALEMBANG, BS – Keberadaan Transmart Palembang yang berlokasi di Jalan Radial masih menuai kontroversi. Protes kali ini datang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sumatera Selatan (Sumsel).

Masa yang beranggotakan puluhan mahasiswa tersebut mendatangi Kantor Walikota Palembang, Harnojoyo, Jumat (12/1).

Koordinator Aksi, Edwin Edo meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuj mengevaluasi kembali Amdalalin dari Transmart. Sebab, diduga tidak sesuai dengan ketentuan dan aturan.

Apalagi, sejak awal pembangunan dan launching, Transmart selalu menjadi penyebab kesemerawutan lalu lintas, khsusnya di seputaran Simpang Lima Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel dan Jalan Radial.

“Kami datang pasti karena ada masalah yang harus kami sampaikan. Kami dari pemuda minta Walikota menjalankan aturan dalam perizinan,” katanya.

Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) no 11 tahun 2012 tentang penegendalian dan penimbunan rawa, lahan lebih dari satu hektar wajib menyediakan sisa 30% dari luas lahan. Tapi kenyataannya tidak ada yang tersisa di lahan tersebut, berdiri berbagai bangunan mulai gedung transmart, ruko ,hotel dan lain-lain.

Selain itu, HMI yang mewakili pemuda dan mahasiswa Kota Palembang menuntut Walikota Palembang untuk segera mencabut izin IMB Transmart. Berdasarkan perda nomor 5 tahun 2010 ,walikota Palembang dapat membekukan IMB apabila kemudian hari terdapat sengketa, pelanggaran dan kesalahan teknis.

“Cukup banyak masalah yang ditimbulkan oleh Transmart. Sudah selayaknya Pemkot Palembang mengambil tindakan,” katanya.(za)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here