Home Sumsel Pagar Alam Pagaralam Hidupkan Kembali Lomba Rakit Tradisional

Pagaralam Hidupkan Kembali Lomba Rakit Tradisional

5
0
SHARE

PAGARALAM, BS – Ratusan masyarakat Kota Pagaralam pada Jumat (22/12) berbondong-bondong datang memadati objek wisata Tebat Gheban, tujuan mereka tak lain guna menyaksikan ┬álomba rakit tradisional yang di ikuti ratusan peserta.

Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan lomba rakit yang digelar Kelurahan Alun Dua ini. Apalagi ada istilah “mbak uwi pengarang rakit timbul tenggelam same same”.

“Rakit kerap digunakan masyarakat untuk mencari ikan. Masyarakat sudah sangat akrab dengan rakit terutama yang tinggal disekitaran Tebat Gheban,” ungkap Ida, saat membuka perlombaan.

Dikatakan Ida, lomba rakit ini juga berfungsi menggalakan wisata di Kota Pagaralam. Pasalnya, objek wisata Tebat Gheban merupakan danau besar dengan luas kurang lebih 5 hektar.

“Acara seperti inu ini harus menjadi agenda tahunan. Untuk itulah, kedepan harus ada piala bergilir sehingga akan lebih seru. Namun, yang terpenting perlombaan ini harus sportif untuk menjalin silaturahmi,” ungkap Ida.

Sementara itu, Lurah Alun Dua, Jhoni Harius mengatakan, lomba rakit sudah pernah dilaksanakan, namun sudah lama. Untuk itulah, pihaknya menghidupkan kembali kegiatan ini sehingga keahlian masyarakat dalam mengayuh rakit dapat terus terasah.

“Rakit sudah menjadi kegiatan keseharian masyarakat disekitaran Tebat Gheban. Rakit digunakan warga untuk menjaring ikan, mencari siput atau liling, bahkan untuk memancing,” ujarnya seraya mengatakan, lomba rakit dibuka untuk kelas tunggal, ganda dan ganda campuran.(B. Steven)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here