Palembang dapat Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Palembang dapat Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

– Kejar Penghargaan Swasti Saba Wistara

JAKARTA,BS – Kota Palembang kembali mendapat penghargaan tingkat nasional Swasti Saba Wiwerda tahun 2017.

Penghargaan yang diterima Wali Kota Palembang H. Harnojoyo untuk ketiga kalinya penghargaan untuk kategori Kota Sehat.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) kepada Wali Kota Palembang H. Harnojoyo, Selasa (28/11/2017) di ruang Sasana Bhakti Praja Kementrian Dalam Negeri Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat.

“Palembang kota satu satunya di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang mendapatkan penghargaan kota sehat,” kata Harnojoyo.

Penghargaan kota sehat yang diterima, dikatakan orang nomor satu di Kota Palembang ini, merupakan tugas berat bagi kota tertua di Indonesia ini untuk mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan Kota Sehat dengan menambah tatanan lain yang dibutuhkan masyarakat.

Hal itu menurutnya, menjadi tantangan bagi pembangunan Kota Palembang terutama bidang kesehatan.

“Dalam pelaksanaannya diperlukan kerja sama antara pemerintah dan Forum Kota Sehat dengan melibatkan peran serta dari semua lapisan masyarakat,” jelasnya.

Penghargaan yang diterima ini, tegas Harnojoyo menunjukan Kota Palembang, kota yang sehat untuk dihuni.

“Kota yang aman, nyaman dan sehat artinya kota kita sangat layak untuk dihuni,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Palembang Dr. Hj Letizia mengatakan, penilaian yang berkompeten dua tahun sekali ini, kota Palembang menunjukan peningkatan yang sangat segnifikan sejak mendapat penghargaan Swasti Saba Padapa ( dua tatanan) tahun 2013 dan di tahun 2015 lalu.

“Kedepan kita akan targetkan untuk mendapatkan Swasti Saba Wistara penghargaan tertinggi di kesehatan,” katanya.

Nah, penghargaan Swasti Saba Wiwerda ini meliputi tiga sampai empat tatanan yang dinilai oleh Kementrian Kesehata berkerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

2011 dan 2015 kita mendapat penghargaan Swasti Saba Padapa (dua tatanan), yang merupakan penghargaan Kota Sehat dengan tahap pemantapan. Tahun ini Kota Palembang menambah tatanan Kehidupan Sosial Sehat, sehingga menjadi empat tatanan dan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda (Kota Sehat dengan 3-4 tatanan). Karena itu, tahun mendatang Palembang harus mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara (5 tatanan ke atas),” tegasnya.(za)

 

 

Related Posts

Leave a Reply