Guru Harus Mampu Hadapi Tantangan Abad 21

Guru Harus Mampu Hadapi Tantangan Abad 21

JAKARTA, BS – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyampaikan apresiasinya terhadap tenaga pendidik terutama guru yang sangat berjasa terhadap anak-anak bangsa.

Apresiasi ini disampaikan langsung peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 PGRI dan HGN Tahun 2017 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (2/12/2017).

“Tanpa jasa seorang guru, kita tidak akan bisa berdiri di panggung kehormatan dan mimbar ini,” ungkap Joko Widodo.

Dihadapan perwakilan guru-guru se-Indonesia, Joko Widodo mengatakan profesi guru merupakan profesi yang sangat mulia dan sangat penting untuk semua anak-anak bangsa.

Yang mana jelasnya peran guru sangat besar dalam mencetak putra putra bangsa yang pintar, bermartabat,  memiliki etika sopan santun, serta siap menghadapi tantangan di era abad 21.

“Karena itu, guru-guru di Indonesia harus  mampu menjadi pendidik yang berkarakter dan contoh baik bagi siswanya,” harapnya.

Sebagai seorang pendidik, Joko Widodo juga berpesan agar para guru meningkatkan kualitas mereka dengan mengerti dan melek akan teknologi.

Agar dapat menyikapi dan mengambil sisi positif dari teknologi yang berkembang saat ini khususnya di media sosial terkait pemberitaan serta isu-isu mengenai dunia pendidikan.

“Guru era kini harus mengerti teknologi, agar memiliki pengetahuan yang lebih dari siswanya. Tapi juga harus hati hati dalam bermain media sosial yang menjadi teknologi yang amat cepat dalam penyebaran isu ataupun berita negatif,” imbaunya.

Senada disampaikan Pengurus Besar PGRI,Dr. Unifah Rosyidi M.Pd mengatakan, HUT ke-72 PGRI dan HGN Tahun 2017 ini mengusung tema meningkatkan kesadaran kolektif guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja untuk penguatan pendidikan berkarakter.

Menurutnya guru adalah komponen strategis yang menentukan keberhasilan pendidikan serta meletakkan dasar pengembangan potensi peserta didik sesuai target dari pemerintah pusat.

“Kami berterima kasih atas dedikasi yang telah di berikan dan disumbangkan. Semoga apa yang telah di lakukan bisa diperjuangkan dengan perolehan kebijakan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sehingga memacu etos kerja yang selama ini di berikan kepada peserta didik,” ulasnya.

Dalam gelaran HUT ke-72 PGRI dan HGN Tahun 2017 ini, Presiden Joko Widodo juga memberikan penghargaan Dwija Praja Nugraha Tahun 2017 kepada 15 kepala daerah yyang mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan di daerahnya.

Salah satunya adalah Kota Palembang yang diterima langsung Walikota Palembang Harnojoyo.

“Penghargaan ini tentunya berkat kepedulian kita bersama terhadap guru khususnya di Kota Palembang. Kedepan kita akan berusaha selalu memproritaskan guru yang menjadi ujung tombak pendidikan, walaupun dengan segala keterbatasannya tetap mampu memberikan perannya dalam pembangunan bangsa,” tutup Harnojoyo. (za)

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply