Pasca Lebaran Garam Kasar Beryodium di Empat Lawang Menghilang

Pasca Lebaran Garam Kasar Beryodium di Empat Lawang Menghilang

EMPAT LAWANG,BS-Kelangkaan Garam kasar beryodiom di Kabupaten Empat Lawang khususnya dipasar Tebing Tinggi,sejak usainya Hari raya idul fitri, menghilang dari peredaran.

Walapun ada jumlahnya tidak banyak dan dipatok dengan harga tinggi.

Akibatnya, Beberapa minggu ini mulai dikeluhkan ibu rumah tangga tentang kenaikan harga garam,belum lagi ditambah lagi kelangkaan mencari garam dikabupaten yang berjuluk “Sangi keruani Sangi krawati”ini.

Dian salah satu warga Tebing Tinggi mengeluhkan maslah kenaikan harga garam,bukan hanya mengeluhkan kenaikan harga Garam tersebut tetapi Garam ini susah didapat dipasar Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang ini.

“Kalau harganya naik tidak masalah,nak ini harga garam sudah naik,barangnya susah didapat pula,”keluh Dian,Selasa (25/07).

Sementara Deni salah satu pemilik tokoh Grosir di Jln Abubakardin pasar Tebing Tinggi menuturkan,memang untuk bahan pokok jenis Garam,tokonya sudah 2 dua bulan ini tidak dapat pasokan lagi dari distributor dari Palembang,memang untuk harga mengalami kenaikan.

“Ya walaupun harga jualnya memang naik,sudah 2 bulan terahir saya tidak dapat pasokan lagi,menurut pihak distributor,bahan baku untuk membuat garam lagi langkah,”tutur Deni pemilik tokoh Grosir di Tebing Tinggi.

Lain halnya yang dikatakan Vemi pemilik tokoh sembako dikawasan Pasar Tebing Tinggi mengatakan,terahir sudah minggu ini ia mendapatkan pasokan Garam dengan harga melambung tinggi.sudah seminggu ini pasca lebaran harga garam yang dikirim dari jakarta mengalami kenaikan,dari tiap pengiriman garam berukuran sedang yang biasa dicari pembeli sebelum kenaikan biasanya dijual dengan harga 14ribu kini naik menjadi 17ribu untuk garam kasar.

Sedangkan garam halus dari harga 15ribu naik menjadi harga 20ribu.

“Ya kalau Garam halus walaupun harganya naik tapi masih bisa didapat,sedangkan jenis garam Kasar sudah harganya naik tapi stoknya tidak ada,”kata vemi.

Terpisah sementara Kepala Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Empat lawang,ketika hendak dikonfirmasi melalui via telpon seluler dan hendak ditemui dikantornya tidak ada ditempat. (tok/BS)

Related Posts

Leave a Reply