Home Sumsel Empat Lawang Paslon Bupati Jalur Independen Ini Terancam Gagal Melenggang di Pilkada

Paslon Bupati Jalur Independen Ini Terancam Gagal Melenggang di Pilkada

51
0
SHARE

EMPAT LAWANG, BS – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Empat Lawang, Yulizar Dinoto (Noto) – Kison Syahrin (Kison) nampaknya harus bekerja ekstra keras lagi.

Pasalnya, dari hasil rapat pleno KPUD Empat Lawang atas verifikasi faktual yang dilakukan menyatakan jika syarat dukungan minimal dari pasangan tersebut kurang atau belum mencukupi.

Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan melalui Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara, Billy Farsha mengatakan, dari syarat dukungan ditetapkan pasangan calon independen harus sebanyak 18.149 KTP yang mendukung.

Sementara dari berkas dukungan yang diberikan ke KPU, bakal pasangan calon Noto – Kison hanya memiliki dukungan 8.360 KTP yang memenuhi syarat, dan dukungan tidak memenuhi syarat sebanyak 9.789 KTP.

Statusnya perbaikan, masih ada waktu perbaikan hingga tanggal 18 -20 Januari nanti,” katanya, Selasa (2/1/2018).

Untuk dukungan perbaikan ini, bakal pasangan calon harus memenuhi persyaratan dua kali lipat dari kekurangan dukungan KTP tersebut.

“Hasil rekab faktual dilapangan ternyata ada yang tidak mendukung, dan ada beberapa KTP ganda,” ungkapnya.

Dijelaskan, sementara waktu pendaftaran semua bakal pasangan calon dari partai maupun independen dimulai pada tanggal 8 – 10 Januari 2018. Dengan artian, bakal calon independen bisa tetap mendaftar terlebih dahulu selanjutnya melengkapi persyaratan kekurangan dukungan untuk diserahkan ke KPU.

“Memang bisa mendaftar terlebih dahulu namun untuk selanjutnya harus memenuhi persyaratan sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya.

Sementara itu, tim pemenangan Noto- Kison, Paradis Tanaka saat dicoba konfirmasi terkait hal ini belum dapat memerikan tanggapan. (bot)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here