Home Palembang Pemkot Palembang Telusuri Batas Wilayah Kecamatan

Pemkot Palembang Telusuri Batas Wilayah Kecamatan

4
0
SHARE

 

PALEMBANG,BS– Pemerintah Kota Palembang saat ini tengah melacak batas-batas wilayah di tiap kecamatan.

Hal ini untuk mencegah sengketa lahan dan mempermudah administrasi.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Palembang, Herly Kurniawan, menjelaskan, pelacakan untuk batas kecamatan ini dengan cara mengumpulkan dan mensinkronkan antara data yang dimiliki satu kawasan yang berbatasan dengan kawasan lainnya.

“Saat ini kita masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat. Ini dilakukan dengan keterangan masing-masing kawasan dengan melibatkan instansi terkait seperti lurah. Nantinya kita juga akan secara bertahap akan turun langsung ke lapangan,” ujar Herly, di kantornya, Senin (28/8/2017).

Ia menyebutkan, ada beberapa kendala dalam melacak batas wilayah ini.

Salah satunya, masih terjadi tarik menarik antara RT satu dengan RT lainnya. Meski begitu ia mengaku sejauh ini sudah ada beberapa wilayah yang selesai pelacakannya.

“Untuk kecamatan yang baru tentu akan sama dengan kecamatan lain. Dalam pelacakan ini juga kita meneruskan Tim Subbag pertanahan dan batas wilayah,” kata Herly.

Ia menambahkan, untuk Agustus ini pelacakan untuk wilayah kecamatan masih dilakukan, selanjutnya akan dilakukan juga pelacakan untuk wilayah Kecamatan Sako.

Pelacakan ini juga disesuaikan dengan SK wako tentang perbatasan. Jadi pelacakan ini guna mendetailkan batasan wilayah yang ada.

“Tugas kita juga untuk mencari jalan keluar terhadap persepsi yang berbeda. Misal, sejarah dulu seperti apa sementara yang lain punya persepsi lain. Ini yang memicu dan sengketa batas wilayah, tapi masih bisa dituntaskan selama ini. Pasti ada yang puas dan tidak puas dalam setiap keputusan,” kata Herly pula. (bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here