Home Headline Prioritaskan Pembangunan Jalan Akses Nasional

Prioritaskan Pembangunan Jalan Akses Nasional

5
0
SHARE

PALEMBANG, BS – Guna memperkuat  infrastruktur jalan didalam kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mulai membangun akses jalan nasional.

Rencananya pengerjaan pembangunan akses jalan nasional tersebut akan dimulai di 2018 mendatang.

“Yang menjadi prioritas utama adalah membangun jalan akses nasional. Sepert jalan Talang Jambe, jalan Macan Lindungan,jalan Jepang, dan jalan  Pangkalan Benteng,” tutur Kepala Dinas PUPR Saiful,  Senin (20/11).

Saiful menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian PUPR untuk pembangunan jalan sepanjang 50 km, namun untuk prioritas pembangunan jalan akses nasional ini sudah dipastikan sepanjang 20 kilometer.

Yang mana pembangunan jalan nasional ini akan memakai anggaran dari  Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Hingga saat ini, kami masih menunggu keputusan pusat berapa jumlah DAK yang akan diterima untuk pembangunan jalan ini. Kalau jalan yang kami ajukan untuk dibangun ada 50 km, namun yang menjadi prioritas nanti adalah jalan akses nasional ini,” katanya.

Sedangkan untuk total panjang jalan yang ada di Kota Palembang sepanjang 682 km, yang mana sepanjang 120 km merupakan jalan nasional.

Sedangkan jalan yang rusak saat ini sepanjang 52 km.

“Untuk membangun jalan ini kami terus melakukan pengusulan ke pusat agar mendapatkan bantuan dana dari APBN, karena jika semuanya harus menggunakan APBD tidak akan cukup,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, estimasi dana yang akan diterima PUPR sekitar 30 persen dari total DAK yang diterima Kota Palembang. Selain itu, pada 2018, pihaknya juga akan membangun beberapa jalan kota lainnya, diantarannya adalah jalan
di kawasan Gandus. “Pembangunan juga akan dilakukan, namun hanya dipilih spot-spot tertentu saja,” ujarnya. (za)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here