Program E-Warong KUBE, Dipastikan Syahril Tidak akan Disunat

Program E-Warong KUBE, Dipastikan Syahril Tidak akan Disunat

EMPAT LAWANG, BS –  Peluncuran e-Warong Kelompok Usaha Bersama (KUBE) program kerja Kementrian Sosial (Kemensos) RI dalam mengentaskan kemiskinan melalui sinergi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Empat Lawang, Rabu (6/12/2017) resmi diserahkan secara simbolis  Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah, kepada masing masing kecamatan diwilayahnya.

Penyerahan bantuan program pemerintah yang turut dihadiri Sekda Empat Lawang H Edison Jaya, Kepala Dinsos Hasbullah dan pejabat lainnya dilapangan Pemkab setempat dipastikan orang nomor satu di Empat Lawang ini tidak akan disunat.

“Bantuan ini langsung dari rekening bank yang ditunjuk, masyarakat langsung ambil di bank, jadi tidak ada potongan apapun. Jangan ada pikiran negatif, bahwa bantuan ini ada potongan,” tuturnya

Program untuk mengentakan kemiskinan ini, kata Syahril harus digunakan dan berkembang untuk usaha bagi mereka yang mendapatkan.

“Ini adalah program kegiatan pelaksanaan penanganan fakir miskin melalui kegiatan E-Warong KUBE jasa untuk pengembangan usaha ekonomi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari secara berkelompok,” ujar Syahril.

Lanjutnya, E-Warong adalah kebijakan pemerintah dalam hal penanganan fakir miskin terutama dalam penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) dijadikan sebagai tempat pemasaran dari KUBE produksi di wilayah tersebut.

Sementara itu, Kadinsos Empat Lawang, Hasbullah melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Eka Agustina menjelaskan, bantuan tersebut dari Kementrian Sosial Republik Indonesia untuk sepuluh E-Warong KUBE jasa di sepuluh kecamatan yang ada dalam Kabupaten Empat Lawang.

“Bantuannya Rp30 juta terbagi untuk rehap warung Rp10 juta dan kebutuhan jasa usaha dan kerja Rp20 juta. Hari ini (Rabu, red) sudah mulai pencairannya,” jelasnya.

Diketahui bahwa Anggota E-Warong ini ada sepuluh orang yang akan mengelola yang terdiri satu orang dalam masing-masing Kecamatan. Selain itu juga ada pengawasan dari pihak Dinsos, Kemsos dan Pendamping PKH. Untuk kelompok penerima manfaat (KPM) atau masyarakat yang bisa belanja di E-Warong yang totalnya 4522.

Rinciannya, Tebing Tinggi 759, Lintang Kanan 755, Muara Pinang 719, Sikap Dalam 175, Talang Padang 280, Saling 240, Pendopo Barat 290, Pendopo 726, Pasemah Air Keruh 328 dan Ulu Musi 250. (Bot)

Related Posts

Leave a Reply