Sapi dan Kerbau di Bengkulu Utara, Banyak yang Bunting, Ini Penyebabnya

Sapi dan Kerbau di Bengkulu Utara, Banyak yang Bunting, Ini Penyebabnya

BENGKULU UTARA,BS – Program, Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara melalu Dinas Pertanian dan Perternakan ( Distanak) membuahkan hasil yang cemerlang.

Dalam sekejab, melalui program, Inseminasi Buatan (IB) hampir kepada ratusan ekor sapi, dimana sebagian ternak berhasil bunting.

“Tahap awal, mensukseskan Upsus Siwab, terlebih dahulu  kita melakukan cek kesehatan reproduksi, untuk menuju induk wajib bunting,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Bengkulu Utara Darlis, SP, Sabtu (18/08/2017).

Pemeriksaan kesehatan reproduksi, jika reproduksinya terganggu terlebih dahulu diobati, setelah itu baru kita kawinkan melalui IB.

“Ternak, yang berhasil bunting, memang diantaranya sudah ada yang akan melahirkan. Keberhasilan tersebut berdasarkan hasil pantauan kita pada akhir Agustus, dan kemungkinan buntingnya akan terus bertambah, mengingat hasil sebelumnya cukup berhasil,” ungkapnya.

 Lanjutnya, program Upsus Siwab dilakukan kepada hampir ratusan ekor sapi dan kerbau, yang kita IB harapan bisa berhasil bunting.

“ Agar target yang diberikan dalam program Upsus Siwab dapat tercapai,”
terangnya.

Untuk meningkatkan target tersebut maka Distanak, Kabupaten Bengkulu Utara, terus melakukan pemantauan dilapangan baik terhadap sapi yang dilakukan suntik IB, sapi yang bunting dan melahirkan.

” Saya sampaikan sapi betina bunting IB jangan dipotong,” pinta Darlis (Yap/BS)

 

Related Posts

Leave a Reply