SMKN 1 Palembang Terpilih Menjadi Sekolah Binaan Safety Riding Honda

SMKN 1 Palembang Terpilih Menjadi Sekolah Binaan Safety Riding Honda

PALEMBANG, BS – Setelah sebelumnya bekejasama dengan 473 sekolah serta 281 instansi pemerintah dan swasta untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara, Astra Motor Sumsel kembali menambah sekolah binaan safety riding Honda dengan menetapkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang menjadi salah satu sekolah binaan safety riding Honda dari Astra Motor Sumsel.

Bertempat di SMK Negeri 1 Palembang, peresmian ini dihadiri segenap civitas akademika SMKN 1 Palembang, Satlantas Kota Palembang dan instruktur safety riding Honda selaku perwakilan dari Astra Motor Sumsel. Acara peresmian ini dilangsungkan dengan penyerahan rambu-rambu lalulintas oleh Astra Motor Sumsel kepada Kepala Sekolah SMKN 1 Palembang, Hijrah Baiti (30/11).

Kepala Wilayah Astra Motor Sumsel, Ronny Agustinus mengatakan, untuk menyebarkan edukasi safety riding ini, selain bekerjasama dengan Satlantas Palembang, pihaknya juga bekerjasama dengan lembaga pendidikan. Pasalnya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang keselamatan berkendara kepada masyarakat Palembang memerlukan dukungan dari berbagai pihak

“Kita ingin menjadikan institut pendidikan sebagai model dan pelaku aktif dalam pendidikan berkendara yang aman dan nyaman. Karena sekolah bisa menjadi sumber pendidikan keselamatan berkendara bagi guru dan siswa pada khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya,” ungkap Ronny.

Adapun peralatan keamanan lalu lintas yang diberikan Astra Motor Sumsel yaitu rambu-rambu lalu lintas seperti rambu di area parkir, rambu penyeberang jalan, rambu wajib helm, rambu wajib SIM dan STNK, helm, jaket, sarung tangan, traffic cone dan papan kontrol pelanggaran yang berfungsi sebagai parameter tingkat pelanggaran yang dilakukan para siswa di kawasan sekolah. Dengan adanya papan kontrol pelanggaran tersebut memudahkan pihak sekolah menganalisa kecelakaan secara periodik.

Selain itu tambahnya, Astra Motor Sumsel juga memberikan handout berupa buku, CD dan leaflet edukasi safety riding kepada BP sekolah sebagai bahan bimbingan dan melakukan penyuluhan terkait keselamatan berkendara kepada siswa/siswi. Kemudian bekerja sama dengan satpam sekolah untuk aktif melakukan pengawasan dalam pelaksanaan aturan-aturan terkait keselamatan berkendara dan memanfaatkan PKS sebagai tim satuan tugas sekolah untuk mensukseskan program safety riding ini.

“Komitmen kami untuk mengedukasi berbagai lapisan masyarakat telah dilakukan sejak 2014 lalu. Sampai sekarang, Astra Motor Sumsel telah mengedukasi lebih dari 90.000 orang yang terdiri dari 473 sekolah (TK, SD, SMP, SMA, Universitas) dan 281 instansi pemerintahan maupun swasta di Sumatera Selatan,” tutupnya. (ria)

Related Posts

Leave a Reply