Sudah Setahun Puluhan Murid SD di OKU Belajar Dilantai

Sudah Setahun Puluhan Murid SD di OKU Belajar Dilantai

BATURAJA,BS- Setiap hari puluhan murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 68 Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) duduk dilantai untuk belajar.

Pantauan,beritasumatera.com minimnya fasilitas SD tersebut sudah berjalan selama satu tahun,namun murid yang terbatas dengan sarana belajar ini tetap semangat menimbah ilmu meski tanpa meja layaknya sekolah pada umumnya.

Kepala Sekolah (Kepaek) SD Negeri 68 OKU Murti Ningsih mengatakan, kekurangan sarana belajar telah diusulkannya kepada Dinas Pendidikan OKU, hanya saja belum mendapat penjelasan dari dinas terkait.

“Kalau kekurangan sudah berlangsung cukup lama,” katanya, Jumat (27/10/2017).

Sebelumnya, katanya SD tersebut tidak memiliki apa apa layaknya sekolah lainnya, namun berangsur membaik dengan cara melakukan perbaikan secara bertahap.

“Waktu pertama kali mendapat amanah menjadi kepsek cukup kaget karena sekolah tidak punya apa apa, namun secara bertahap kita melakukan pengecatan, memasang ordeng dan kursi untuk proses belajar dan mengajar,” ungkapnya.

Hanya saja, meja dan kursi untuk murid belum secara menyeluruh untuk dilakukan perlengkapan.

” Ada dua kelas yang belajara duduk di ubin,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU melalui Kepala Seksi Penilaian Kurikulum Hendri Wijaya mengaku telah menerima proposal dari SD terkait hanya saja mengalami devisit angggaran.

” Saat itu usulan tidak terealisasi disebabkan karena tahun 2016 lalu, APBD OKU mengalami devisit,” ungkapnya.

Pengadaan moubelier baru akan dilakukan tahun mendatang.

“Kita usahakan tahun 2018 usulan meja dan kursi, mudah-mudahan dapat terealisasi,” tuturnya.

Disamping itu kata Hendri, Pihak operator sekolah harus rajin mengapload data Dapodik karena melalui Dapodik itu bisa langsung ke pusat, sehingga dari Kementerian Pendidikan akan tau tentang kondisi sekolah yang nantinya bisa dianggarkan melalui DAK (Dana Alokasi Khusus).

“Iya kami terima kasih atas informasi ini sebagai bahan bagi kami untuk memperjuangkan usulan dari pihak sekolah dan juga akan kami perjuangkan ke
ke DPRD OKU,” tegasnya.(hend)

 

Related Posts

Leave a Reply