Home Headline Targetkan 12 Ribu Pelanggan Baru

Targetkan 12 Ribu Pelanggan Baru

9
0
SHARE

PALEMBANG, BS – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi menargetkan 10 – 12 ribu penambahan jumlah sambungan langsung (SL) baru di 2018 ini. Dari jumlah itu, PDAM Tirta Musi akan lebih melakukan ekspansif di kawasan Seberang Ulu.

“Selama 2017 yang lalu, memang ada pemasangan baru yang sedikit tertahan. Itu untuk pelanggan di kawasan Sako, Sukarami, dan Gandus. Kita tidak bisa paksakan kalau di daerah itu, karena keadaanya memang defisit,” ungkap Direktur Operasional PDAM Tirta Musi Andi Wijaya, Rabu (10/1).

Andi menjelaskan target pemasangan pelanggan baru ini juga akan dibarengi dengan penyesuaian harga pasang baru. Pasalnya sejak tahun 2006 lalu, pihaknya belum melakukan penyesuaian tarif dan masih memakai tarif lama.

“Harga pasang baru sebesar Rp 1,1 juta itu sudah tidak sesuai lagi dengan biaya material yang terus naik saat ini. Kita sedang bahas, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa mendapatkan hasil, kalaupun ada penyesuaian jumlahnya tidak akan besar,” terangnya.

Andi pun mengakui jika saat ini, pihaknya sedang mengalami defisit kapasitas air sebesar 300 liter perdetik di seluruh sisi Kota Palembang, diantaranya sebagaian di kawasan Sako, Sukarami, Talang Jambi, dan beberapa kawasan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya akan melakukan investasi alternatif jangka panjang untuk mengatasinya seperti membangun pipa baru di kawasan Seberang Ilir dengan‎ kapasitas 1.100 liter perdetik.

“Kita akan pasangan Intake dan IPA di Gandus. Tapi itukan perlu proses yang diprediksi 2-3 tahun pembangunan baru akan selesai,” katanya.

Hanya saja jelas Andi, saat ini pihaknya fokus untuk peningkatan kapasitas air di kawasan Seberang Ulu (SU) terlebih dahulu. Apalagi dalam waktu dekat akan ada event Asian Games yang terpusat di kawasan Seberang Ulu (SU).

Karena itu guna meningkatkan pelayanan serta menunjang kontinuitas pengaliran air bersih selama pelaksanaan Asian Games mendatang, serangkaian pengerjaan di kawasan Seberang Ulu (SU) mulai dilakukan. Seperti pekerjaan koneksi pipa outlet diameter 500 mm x 300 mm di IPA Ogan Jakabaring untuk pengaliran ke Dekranasda dan venue-venue, perbaikan kabel power pompa 8 dan 9 untuk pengaliran ke Booster Kertapati, serta rehablitas jembatan pipa diameter 400 mm PVC jalur ke Panca Usaha dan Sekitarnya.

“Kita akan menghentikan sementara pengaliran air ke rumah-rumah warga selama 16 jam. Bahkan untuk normalisasi pengaliran air ini akan berlangsung hingga 2×24 jam terutama di daerah ujung,” jelasnya.

Andi menjelaskan adapun penghentian tersebut akan dilakukan pada 12 Januari mendatang. Karena itu , pelanggan PDAM Tirta Musi yang berada di kawasan Seberang Ulu (SU) harus  bersiap untuk menampung air.

“Dari total sekitar 60 ribu jumlah pelanggan kita di kawasan SU. Sekitar 34.925 pelanggan akan terkena dampak perbaikan ini,” katanya.

Untuk itulah, Andi menyebutkan, kepada seluru pelanggan yang berada di kawasan yang mengalami ganguan pengaliran tersebut agar dapat menampung air di bak-bak penampungan untuk memenuhi kebutuhan selama gangguan pengaliran.

“Hal seperti inikan bukanlah sesuatu yang rutin. Ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kita terutama pada saat Asian Games mendatang,” tegasnya. (za)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here