Home Sumsel Wow! SMK di Sumsel Belajarnya 4 Tahun

Wow! SMK di Sumsel Belajarnya 4 Tahun

30
0
SHARE
Kadisdik Sumsel Widodo. Foto/tj

Palembang – Dalam mencukupi kebutuhan dunia industri akan lulusan SMK yang berkualitas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memprogramkan sistem belajar selama empat tahun, khusus untuk paket keahlian Mekatronika dan Pertambangan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Widodo menerangkan, program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) empat tahun ini di Sumsel sudah berjalan pada tahun ajaran 2017/2018 terutama paket keahlian Mekatronika dan Pertambangan.

“Sistem pembelajarannya pasti beda, mereka akan ditambah praktik atau magang selama setahun penuh di dunia industri yang sudah bekerja sama dengan Disdik,” jelas Widodo di ruang kerjanya, Senin (8/1).

Di Sumsel sendiri, lanjut Widodo, ada dua SMK negeri dan empat SMK swasta yang menerapkannya yaitu untuk paket keahlian Mekatronika ada SMKN 2 Palembang dan SMKN Sumsel. Kemudian untuk paket keahlian Pertambangan ada SMKN 1 Lahat, SMK Bukit Asam dan SMK Teknos Palembang serta SMKN 1 Bayunglencir.

“Mereka ada instruktur khusus dalam praktiknya. Bahkan nantinya juga ada sertifikat khusus pendamping ijazah,” imbuhnya.

Senada, Kepala SMKN Sumsel Rafli mengaku, di sekolahnya ada satu kelas dengan 36 siswa yang mengikuti paket keahlian Mekatronika. “Sebelumnya orangtuanya sudah diedukasi saat penerimaan siswa baru. Dan mereka menyanggupi bahwa anaknya akan mengenyam pendidikan selama empat tahun,” tutupnya. (Tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here