IKEA Bagikan Tips Praktis untuk Orang Tua dalam Persiapkan Kebutuhan Sekolah Anak

Kamis, 6 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Momen menyambut tahun ajaran baru seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, terutama untuk memulai kembali rutinitas anak, dan mengembalikan semangat sekolah mereka setelah melewati libur panjang. 

Peran orang tua dalam mendukung anak menjelang hari pertama ajaran baru menjadi sangat penting, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kepercayaan diri yang akan menjadi pondasi dalam proses pembelajaran mereka di masa yang akan datang.

IKEA Indonesia berkomitmen untuk mendampingi para orang tua dan anak dalam melakukan segala persiapan hari pertama sekolah secara maksimal melalui program Back to School.

Ririn Basuki selaku Communication & Public Relations Manager IKEA Indonesia mengatakan program Back to School yang diadakan oleh IKEA Indonesia bertujuan untuk memberikan tips dan inspirasi kepada para orangtua dalam mengembalikan semangat anak bersekolah melalui perubahan kecil yang dapat diterapkan di rumah.

“Sebagai orang tua, kita dituntut untuk bisa memahami apa yang dibutuhkan anak untuk kembali ke sekolah. Visi utama IKEA untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, termasuk orang tua dan anak-anak.

Oleh karena itu, IKEA sebagai solusi belanja serba ada untuk mempersiapkan semua kebutuhan perlengkapan kembali ke sekolah, menyediakan berbagai macam produk untuk menunjang aktivitas anak, seperti perabot ruang belajar, alat tulis sampai dengan perlengkapan pendukung lainnya yang dapat menumbuhkan semangat belajar anak di tahun ajaran baru ini, ” papar Ririn.

Persiapkan hari pertama sekolah anak tanpa khawatir

Tahun ajaran baru berarti teman, guru, dan ruang kelas baru. Berapapun usia mereka, banyak anak yang khawatir untuk mulai bersekolah atau kembali ke sekolah. Wajar jika anak-anak (dan orang tua mereka) merasa cemas untuk kembali ke sekolah. Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu bersiap menghadapi tahun ajaran baru.

Persiapan kembali ke sekolah seringkali membuat orang tua lebih mudah stres karena banyaknya keperluan yang harus dipersiapkan dalam waktu singkat. Psikolog anak Fabiola Priscilla M.Psi menjelaskan bahwa stres pada orangtua sebelum hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar dan dapat diatasi dengan persiapan matang.

Seperti misalnya belanja kebutuhan alat sekolah bersama anak, alokasi waktu tidur anak yang cukup, menciptakan rutinitas pagi yang konsisten, serta penggunaan solusi penyimpanan untuk mengakses barang kebutuhan sekolah anak dengan lebih mudah di pagi hari. Dengan melakukan hal ini, anak dapat berangkat sekolah di hari pertama dan seterusnya dengan percaya diri.

“Melakukan berbagai macam persiapan sekolah dengan matang dapat membantu mengajarkan keterampilan hidup yang penting pada anak seperti kemandirian, tanggung jawab dan manajemen waktu,” ujar Fabiola.

Evert F. Fanggidae selaku Kepala Sekolah SD BPK Penabur Pondok Indah, juga menekankan bahwa guru memiliki peran penting dalam persiapan sekolah anak. Oleh sebab itu, guru dan orangtua harus bersinergi agar anak dapat menjalani hari pertama sekolah dengan percaya diri.

“Dukungan berupa komunikasi yang lancar antara orangtua dan guru merupakan salah satu kunci utama dalam kesuksesan anak di sekolah. Dengan memberikan informasi yang lengkap melalui buku panduan sekolah atau menyediakan forum tanya jawab melalui group chat, guru diharapkan dapat membantu mengurangi kekhawatiran orangtua dan anak dalam menjalani hari pertama sekolah,” kata Evert.

Ciptakan ruang belajar yang aman dan nyaman untuk anak di rumah

Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya belajar di rumah. Oleh karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk memilih perabot untuk ruang belajar anak yang sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.

“Masing-masing anak pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan tentunya harus disesuaikan dengan fase tumbuh kembang mereka. Sebagai contoh, anak yang berada di fase taman kanak-kanak cenderung suka bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya, orang tua bisa memfasilitasi dengan perabot seperti meja kecil, papan tulis dan perlengkapan yang bisa mereka gunakan untuk berkreasi,” ujar Dimas Haryo Wirawan, Interior Design Manager IKEA Mall Taman Anggrek.

Dengan adanya upaya yang dilakukan orangtua dalam menyiapkan kebutuhan dan area belajar yang nyaman dan menyenangkan di rumah, tentunya akan membantu anak-anak lebih siap menghadapi kegiatan belajar di tahun ajaran baru dengan antusias.

Tentang IKEA

Visi IKEA adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, dengan  menawarkan rangkaian produk perabot rumah tangga yang fungsional, didesain dengan baik, dengan harga  terjangkau sehingga lebih banyak orang dapat membelinya.  

IKEA didirikan oleh Ingvar Kamprad di Småland, Swedia bagian selatan pada tahun 1943, saat ia berusia 17 tahun. Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari inisial namanya, IK, E kependekan dari Elmtaryd,  nama peternakan dimana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat dimana peternakan itu  berada.  

Konsep IKEA berbasis pada pengetahuan yang menyeluruh tentang kebutuhan dan fungsi kehidupan di rumah, dengan memadukan pengalaman penggunaan material dan teknik produksi. IKEA memiliki pengalaman 80 tahun dalam mengembangkan dan menampilkan rangkaian produk IKEA.  

Toko IKEA menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga yang didesain dengan baik, fungsional dan diproduksi melalui riset dan pengembangan, quality control yang ketat, dan dengan memperhatikan  keberlanjutan jangka panjang.  

Produk-produk IKEA memiliki desain sederhana, multifungsi dan memiliki banyak manfaat yang tak terlihat.  Produk IKEA dikemas datar, sehingga memungkinkan konsep “do-it-yourself” dan harga yang lebih terjangkau  untuk produk yang dibuat oleh para desainer.  

Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, disusul toko kedua, ketiga dan keempat yang dibuka di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, 16 September 2021 masing-masing. Kemudian IKEA Bali dibuka pada 18 November 2021, IKEA Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022 sebagai city store pertama, dan IKEA Surabaya pada 15 Desember 2022.

Berita Terkait

AirAsia Travel Fair 2024 Hadir di Medan, Berikan Promo Istimewa Untuk Meningkatkan Pergerakan Wisatawan Dari dan Ke Indonesia
Honda HR-V dan Honda WR-V Raih Penjualan Tertinggi di Kelasnya Sepanjang Semester Pertama 2024
KAI Group Layani 218 Juta Penumpang Pada Semester I 2024
Erick Thohir Dorong Pertamina Sebagai BUMN Kelas Global
Explore 3 Kehebatan Kamera 50MP Galaxy Z Flip6 Terbaru!
Pertamina Grup Manfaatkan Energi Hijau untuk Komunitas Hidroponik Sehati Kota Dumai
Pertamina Raih Penghargaan BUMN dengan Belanja B2B Terbaik untuk UMKM pada Tahun 2023
Menaker Apresiasi Kepatuhan Regulasi dan Kontribusi Pengembangan Talenta Digital Huawei di Indonesia

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 17:54 WIB

AirAsia Travel Fair 2024 Hadir di Medan, Berikan Promo Istimewa Untuk Meningkatkan Pergerakan Wisatawan Dari dan Ke Indonesia

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:20 WIB

Honda HR-V dan Honda WR-V Raih Penjualan Tertinggi di Kelasnya Sepanjang Semester Pertama 2024

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:51 WIB

KAI Group Layani 218 Juta Penumpang Pada Semester I 2024

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:35 WIB

Erick Thohir Dorong Pertamina Sebagai BUMN Kelas Global

Jumat, 12 Juli 2024 - 12:14 WIB

Pertamina Grup Manfaatkan Energi Hijau untuk Komunitas Hidroponik Sehati Kota Dumai

Jumat, 12 Juli 2024 - 11:01 WIB

Pertamina Raih Penghargaan BUMN dengan Belanja B2B Terbaik untuk UMKM pada Tahun 2023

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:57 WIB

Menaker Apresiasi Kepatuhan Regulasi dan Kontribusi Pengembangan Talenta Digital Huawei di Indonesia

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:14 WIB

Honda Prelude Concept Hadir di Ajang Goodwood Festival of Speed 2024

Berita Terbaru

Sumatera Selatan

Warga Muba Ramai-ramai Dukung Herman Deru

Sabtu, 13 Jul 2024 - 06:29 WIB

Berita

Erick Thohir Dorong Pertamina Sebagai BUMN Kelas Global

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:35 WIB