Kadin Indonesia dan Brawijaya Hospital Teken Kerja Sama untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan Perempuan

Rabu, 3 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

●      Peningkatan kesehatan perempuan adalah langkah penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan mencapai visi Indonesia Emas 2045.

●      Kolaborasi berfokus pada kesadaran perempuan mengenai kanker payudara dan kanker serviks.

(kiri-kanan) Direktur Utama RSIA Brawijaya Hospital dr. Uf Bagazi, Sp. OG bersama Wakil Ketua Umum Kesehatan, Charles Honoris menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dalam upaya meningkatkan kesehatan perempuan di Indonesia, khususnya dalam mengurangi risiko kanker payudara dan kanker serviks. Bertempat  di Kadin Lounge, Menara Kadin Indonesia, Jakarta, penandatanganan ini turut disaksikan oleh Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Peningkatan Kualitas SDM, Ristek, dan Inovasi, Carmelita Hartoto.

Jakarta, 3 Juli 2024 – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Brawijaya Women and Children Hospital hari ini menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dalam upaya meningkatkan kesehatan perempuan di Indonesia, khususnya dalam mengurangi risiko kanker payudara dan kanker serviks. Kolaborasi strategis ini menegaskan komitmen Kadin Indonesia dalam peningkatan resiliensi kesehatan, yang merupakan salah satu pilar utama dalam Peta Jalan Indonesia Emas 2045.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wakil Ketua Umum Kesehatan, Charles Honoris dan Direktur Utama RSIA Brawijaya Hospital dr. Uf Bagazi, Sp. OG, yang turut disaksikan oleh Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang  Peningkatan Kualitas SDM, Ristek, dan Inovasi, Carmelita Hartoto, di Kadin Lounge, Menara Kadin Indonesia, Jakarta.

Carmelita menegaskan perempuan memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia. Perempuan Indonesia telah menjadi agen perubahan yang signifikan, menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada produk domestik bruto (PDB) nasional. Data Kementerian Keuangan tahun 2021 mencatat bahwa 54% pemilik UMKM adalah perempuan, dengan 97% pegawainya juga perempuan.

“Perempuan memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, menjaga kesehatan mereka adalah langkah penting untuk mendorong pencapaian visi Indonesia Emas 2045. Kami berharap penandatanganan ini menjadi momentum untuk melahirkan inisiatif-inisiatif yang dapat mencegah dan mengurangi kasus kanker payudara dan kanker serviks di Indonesia,” ujar Carmelita.

Dalam kesempatan yang sama, Kadin Indonesia juga menggelar diskusi panel bertema “Pencegahan dan Deteksi Dini Cancer Payudara dan Cancer Serviks, Serta Kesehatan Reproduksi Perempuan”. Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan Kadin Indonesia, Charles Honoris dalam paparannya menjelaskan bahwa kanker payudara dan kanker serviks adalah dua jenis kanker yang paling umum menyerang perempuan. Menurut laporan dari Globocan tahun 2022,  jumlah kasus kanker payudara di Indonesia mencapai 66.271 kasus (30,1%), sedangkan kanker serviks mencapai 36.676 kasus (9,0%).

Menurut Charles, tingginya angka tersebut menunjukkan  pentingnya upaya pencegahan dan deteksi dini dilakukan sesegera mungkin. Kanker payudara seringkali terlambat terdeteksi karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan, sedangkan kanker serviks, yang disebabkan oleh infeksi HPV, dapat dicegah dengan vaksinasi dan deteksi dini melalui pap smear.

“Meningkatkan kesadaran perempuan tentang pemeriksaan rutin dan edukasi tanda-tanda awal kanker sangatlah penting. Inilah fokus kolaborasi kami. Dengan jaringan Kadin Indonesia dan keahlian Brawijaya Women and Children Hospital, kami berharap kolaborasi ini membawa dampak positif bagi kesehatan perempuan di Indonesia,” kata Charles.

Direktur Utama RSIA Brawijaya Hospital dr. Uf Bagazi, Sp. OG  menjelaskan bahwa faktor budaya dan sosial di Indonesia menjadi salah satu tantangan utama dalam upaya pencegahan dan deteksi dini kanker. Banyak perempuan yang masih merasa tabu membicarakan masalah kesehatan reproduksi dan enggan melakukan pemeriksaan rutin. Tantangan lainnya adalah keterbatasan akses masyarakat ke fasilitas kesehatan yang memadai. Kurangnya informasi dan edukasi mengenai pencegahan dan deteksi dini kanker memperburuk situasi ini, terutama bagi wanita karir yang sering kali tidak memiliki cukup waktu untuk pemeriksaan rutin.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak perempuan-perempuan Indonesia untuk tidak tabu dalam membicarakan masalah kesehatan reproduksi dan melakukan pemeriksaan rutin. Deteksi dini memungkinkan penanganan lebih cepat dan meningkatkan peluang kesembuhan, sehingga mereka dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan dapat lebih produktif,” tutup Direktur Utama RSIA Brawijaya Hospital dr. Uf Bagazi, Sp. OG .

***

Tentang Kadin Indonesia

Berdiri pada tahun 1968 dan ditetapkan berdasarkan hukum pada 1987, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia merupakan organisasi payung bagi seluruh kamar dagang dan serikat bisnis Indonesia, termasuk kamar dagang yang berasal dari luar negeri di Indonesia. Kadin Indonesia bertindak selaku suara sektor swasta dan menjalin hubungan erat dengan pejabat pemerintahan. Misi Kadin Indonesia adalah untuk mendukung perkembangan pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara vital, berkelanjutan, dan adil. Jaringan Kadin Indonesia yang mencakup 34 Kadin Provinsi dan 544 cabang distrik mewakili suara seluruh serikat bisnis meliputi semua sektor relevan dari ekonomi Indonesia. Bermitra dengan lembaga pemerintahan kunci, Kadin Indonesia merupakan mitra aktif dalam reformasi bisnis dan ekonomi. Kadin Indonesia adalah titik kontak pertama bagi perusahaan asing dan membuka pintu menuju sektor swasta di Indonesia yang dinamis.

Berita Terkait

AirAsia Travel Fair 2024 Hadir di Medan, Berikan Promo Istimewa Untuk Meningkatkan Pergerakan Wisatawan Dari dan Ke Indonesia
Honda HR-V dan Honda WR-V Raih Penjualan Tertinggi di Kelasnya Sepanjang Semester Pertama 2024
KAI Group Layani 218 Juta Penumpang Pada Semester I 2024
Erick Thohir Dorong Pertamina Sebagai BUMN Kelas Global
Explore 3 Kehebatan Kamera 50MP Galaxy Z Flip6 Terbaru!
Pertamina Grup Manfaatkan Energi Hijau untuk Komunitas Hidroponik Sehati Kota Dumai
Pertamina Raih Penghargaan BUMN dengan Belanja B2B Terbaik untuk UMKM pada Tahun 2023
Menaker Apresiasi Kepatuhan Regulasi dan Kontribusi Pengembangan Talenta Digital Huawei di Indonesia

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 17:54 WIB

AirAsia Travel Fair 2024 Hadir di Medan, Berikan Promo Istimewa Untuk Meningkatkan Pergerakan Wisatawan Dari dan Ke Indonesia

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:20 WIB

Honda HR-V dan Honda WR-V Raih Penjualan Tertinggi di Kelasnya Sepanjang Semester Pertama 2024

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:51 WIB

KAI Group Layani 218 Juta Penumpang Pada Semester I 2024

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:35 WIB

Erick Thohir Dorong Pertamina Sebagai BUMN Kelas Global

Jumat, 12 Juli 2024 - 12:14 WIB

Pertamina Grup Manfaatkan Energi Hijau untuk Komunitas Hidroponik Sehati Kota Dumai

Jumat, 12 Juli 2024 - 11:01 WIB

Pertamina Raih Penghargaan BUMN dengan Belanja B2B Terbaik untuk UMKM pada Tahun 2023

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:57 WIB

Menaker Apresiasi Kepatuhan Regulasi dan Kontribusi Pengembangan Talenta Digital Huawei di Indonesia

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:14 WIB

Honda Prelude Concept Hadir di Ajang Goodwood Festival of Speed 2024

Berita Terbaru

Sumatera Selatan

Warga Muba Ramai-ramai Dukung Herman Deru

Sabtu, 13 Jul 2024 - 06:29 WIB

Berita

Erick Thohir Dorong Pertamina Sebagai BUMN Kelas Global

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:35 WIB