PT Itama Ranoraya Dorong Pemerataan Gizi lewat Instalasi Dapur Gizi di Rumah Sakit

Senin, 1 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 Sejak akhir tahun 2023 lalu, PT Itama Ranoraya Tbk (“IRRA”), perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi, melakukan pemerataan  pada fasilitas penyediaan  gizi melalui penginstalasian kitchen set atau dapur gizi pada rumah sakit.

Inisiatif ini merupakan upaya IRRA untuk mempercepat penyembuhan pasien melalui kebersihan dan nutrisi yang disediakan oleh rumah sakit selama proses pengolahan pangan untuk memberikan pelayanan terbaik sekaligus membantu proses penyembuhan bagi pasien. 

“Dengan adanya penyediaan fasilitas dapur gizi yang sesuai standar kesehatan, kami berharap dapat membantu petugas rumah sakit dalam meningkatkan efisiensi operasional manajemen waktu pada proses pengolahan pangan dan pendistribusiannya terhadap pasien di rumah sakit dengan lebih optimal. Ini ditujukan untuk memudahkan penyesuaian volume pasien setiap harinya, sehingga petugas rumah sakit diharapkan dapat memberikan asupan gizi pasien yang terstandarisasi food grade,” kata Heru Firdausi Syarif, Direktur Utama PT Itama Ranoraya Tbk.

Dalam menyediakan fasilitas dapur gizi, Perseroan bermitra dengan PT Mega Artha Makro (“MAM”) selaku produsen yang berfokus pada commercial kitchen equipment dengan produk yang telah memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Perseroan meyakini bahwa dengan kemampuan distribusi yang optimal dari IRRA serta kualitas barang hasil produksi MAM yang berkualitas tinggi namun dengan harga bersaing di pasar, kemitraan ini dipercaya dapat memberikan output yang holistik dalam penyediaan fasilitas gizi yang diperlukan oleh rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Indonesia secara umum.  

“Mengingat bahwa dapur gizi harus menyediakan makanan bergizi bagi pasien yang kesehatannya perlu terjaga, ini tentunya patut didukung oleh fasilitas dan peralatan yang memadai, higienis, serta memiliki standar food grade yang baik.”

“Dalam pengerjaannya, kami melakukan seluruh proses produksi dari hulu ke hilir, mulai dari persiapan yaitu pengukuran, desain, dan tata letak, hingga pemasangan. Kami juga menyediakan pelatihan bagi para petugas rumah sakit untuk pengoperasionalan dapur gizi ini.”

“Dapur gizi harus memiliki ruang penerimaan bahan-bahan mentah seperti sayur, buah, dan daging. Area masak pun harus dibagi untuk masing-masing kebutuhan pasien dan terdapat area porsi untuk membagi makanan yang telah dimasak dalam jumlah banyak.”

“Tak hanya itu, harus terdapat pula ruangan untuk produk makanan yang akan didistribusikan kepada pasien. Untuk mencegah adanya kontaminasi pada makanan, area cuci dan penyimpanan alat masak dan makanan juga perlu dipisah,” kata Djunaidi, Spesialis Produksi PT Mega Artha Makro.

Belum lama ini, IRRA baru saja melakukan instalasi dapur gizi di RSU Dr. Hasan Sadikin Bandung (“RSHS”), salah satu rumah sakit rujukan terbesar di Jawa Barat. Memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan dalam pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian di Indonesia, RSHS memiliki reputasi dan kepercayaan masyarakat pada pelayanan dan fasilitas yang berikan.

Melalui kerjasama dengan RSHS, IRRA berharap dapat menjadi kontributor utama dalam mewujudkan visi rumah sakit melalui instalasi dapur gizi yang baik, sehingga kualitas pelayanan dan fasilitas dalam pengolahan pangan pasien, efisiensi operasional harian staf rumah sakit, dan kualitas hidup pasien di RSHS dapat meningkat. 

Perseroan memahami bahwa tantangan terbesar yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran publik akan keperluan instalasi gizi dalam menopang kebutuhan pasien dan pekerja rumah sakit.

Oleh karena itu, RSHS diharapkan dapat menjadi inspirasi dan contoh baik bagi rumah sakit di Jawa Barat maupun di seluruh wilayah Indonesia untuk mendorong kesadaran masyarakat dan pemangku kepentingan terkait akan pentingnya fasilitas dapur gizi yang baik bagi pemenuhan gizi pasien dan efiesiensi operasional pekerja rumah sakit.

Ke depannya, IRRA  akan terus memperbanyak dan memperluas jangkauan distribusi untuk instalasi dapur gizi, terlebih pada rumah sakit atau fasilitas kesehatan dengan fasilitas gizi yang rendah. 

Tentang PT Itama Ranoraya Tbk.

PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) adalah emiten yang bergerak dibidang peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi (HiTech Healthcare Solutions) sejak awal 2000. Komitmen kami adalah menjadi penyedia layanan kesehatan yang paling andal dan berorientasi pelanggan di Indonesia.

Komitmen tersebut dibuktikan dalam portofolio kami, di mana perusahaan kami telah mendapatkan banyak kemitraan dengan prinsip-prinsip perawatan kesehatan terkemuka baik lokal maupun internasional seperti Oneject, Abbott, Terumo, BD (Becton Dickinson), HMD, Vestfrost, Balmed, iGene, dll. Saat ini perseroan memiliki 123 jaringan distribusi (Sub-Distributor) yang menjangkau pelanggan perseroan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Berita Terkait

Soal Alokasi Tambahan Kuota Haji, Kemenag Berikan Penjelasan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir: Piala Presiden 2024 Siap Digelar
Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan PM Papua Nugini, Bahas Kerja Sama Pertahanan
Samsung Luncurkan Galaxy Z Flip6 Eksklusif Edisi Olimpiade Paris 2024
Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia 3-6 September 2024, Hadiri Misa Akbar di GBK Hingga Bertemu Joko Widodo
Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Ketum PSSI Erick Thohir Bertemu, Pastikan Penyelenggaraan Piala Presiden Berjalan Aman dan Lancar
Joko Widodo dan PM Papua Nugini Sepakat Tingkatkan Kerja Sama
Joko Widodo Terima Kunjungan PM Papua Nugini

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:54 WIB

Soal Alokasi Tambahan Kuota Haji, Kemenag Berikan Penjelasan

Selasa, 16 Juli 2024 - 08:50 WIB

Ketua Umum PSSI Erick Thohir: Piala Presiden 2024 Siap Digelar

Senin, 15 Juli 2024 - 16:34 WIB

Samsung Luncurkan Galaxy Z Flip6 Eksklusif Edisi Olimpiade Paris 2024

Senin, 15 Juli 2024 - 16:21 WIB

Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia 3-6 September 2024, Hadiri Misa Akbar di GBK Hingga Bertemu Joko Widodo

Senin, 15 Juli 2024 - 16:14 WIB

Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Ketum PSSI Erick Thohir Bertemu, Pastikan Penyelenggaraan Piala Presiden Berjalan Aman dan Lancar

Senin, 15 Juli 2024 - 16:13 WIB

Joko Widodo dan PM Papua Nugini Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Senin, 15 Juli 2024 - 16:12 WIB

Joko Widodo Terima Kunjungan PM Papua Nugini

Senin, 15 Juli 2024 - 15:20 WIB

Tuai Respons Positif dari Ribuan Penyedia Kerja, Jobstreet Express Kembangkan Layanan Express Hire untuk Memenuhi Kebutuhan Pencarian Karyawan Semi-Terampil

Berita Terbaru